SEMARANG – DPP PDIP sudah merampungkan dua rekomendasi dari 21 daerah yang bakal menggelar Pilkada Desember mendatang. Yakni Kabupaten Pemalang dengan calon incumbent Junaidi-Martono serta Kota Magelang dengan petahana Sigit Widyonindito-Windarti Agustina. Pemilihan dua pasangan calon bupati dan wakilnya ini sudah final dan hanya tinggal menunggu penyerahan rekomendasi saja.

Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng mengatakan, dua daerah itu sudah selesai untuk rekomendasi pasangan calon yang diusung. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan kedua pasangan dan mereka mengaku siap. Selain itu, DPC di masing-masing daerah juga sepakat. ”Dua daerah itu sudah final untuk rekomendasi calon kepala daerah. Mereka sudah diwawancara DPP PDIP dan mengatakan kesiapannya,” katanya sebelum acara buka bersama di Panti Marhaenis, kemarin.

Dia menambahkan, DPP PDIP masih dalam proses untuk mengeluarkan rekomendasi di sejumlah daerah lain. Pihaknya optimistis dalam waktu dekat, sudah bisa dirampungkan, agar bisa segera memperkuat di bawah. Pihaknya tetap optimistis PDIP bakal memenangkan pilkada di sejumlah daerah. Sebab mesin partai sudah mulai bekerja dan internal tetap solid untuk pemenangan pilkada. ”Untuk 19 daerah lainnya sedang proses untuk rekomendasi calon kepala daerah. Dalam waktu dekat pasti keluar,” imbuhnya.

Begitu rekomendasi keluar, nantinya DPC PDIP di daerah harus langsung bekerja untuk pemenangan pilkada. DPC juga diberikan kewenangan sendiri untuk menentukan dengan siapa parpol berkoalisi. Sebab, diakui dari 21 daerah yang menggelar pilkada memiliki karakteristik masing-masing. ”Dan itu yang tahu secara detail DPC. Jadi nanti bisa dipilih untuk menentukan koalisi dalam pilkada,” tambahnya. (fth/ric/ce1)