Sido Muncul Beri Bantuan Pasien Tak Mampu

287
BIAYA HIDUP: Presiden Direktur (Presdir) PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat beserta jajaran saat menyerahkan bantuan kepada pasien di ruang Rajawali RSUP dr Kariadi. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BIAYA HIDUP: Presiden Direktur (Presdir) PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat beserta jajaran saat menyerahkan bantuan kepada pasien di ruang Rajawali RSUP dr Kariadi. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RANDUSARI – Sebanyak 410 pasien RSUP dr Kariadi dari golongan tidak mampu bisa bernapas lega, setelah mendapatkan bantuan biaya hidup senilai Rp 210 juta dari PT Sido Muncul dan Berlico Farma. Sementara untuk pasien RS Panti Wilasa Semarang sebesar Rp 50 juta. Pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan biaya pasien yang kurang mampu selama pengobatan.

”Program ini sudah berjalan di Kota Jogjakarta, dan nantinya akan berlanjut di kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Banjarmasin, Jakarta, Bandung dan lainnya. Tentunya tujuan meringankan biaya hidup selama menjalani perawatan selama masa pengobatan,” ungkap Presiden Direktur (Presdir) PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat.

Irwan menambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan kepada 3.700 karyawan PT Sido Muncul jika perlu dirawat di rumah sakit. Setiap karyawan didaftarkan ke dalam asuransi bantuan biaya hidup yang iurannya ditanggung oleh perusahaan.
”Pengobatan melalu BPJS sudah sangat membantu, namun ada beberapa pasien yang mendapat rujukan ke rumah sakit kota besar seperti Semarang. Untuk itu, pasien dan keluarga membutuhkan tambahan biaya hidup, mulai transportasi hingga tempat tinggal sementara. Melalui program ini, diharapkan dapat mengurangi beban,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan juga menyempatkan berdialog dengan sejumlah pasien yang tengah dirawat di ruang Rajawali RSUP dr Kariadi Semarang yang menjadi tempat perawatan untuk pasien kelas III.

Sejumlah bintang iklan Sido Muncul juga diajak, antara lain petinju nasional Chris John dan mantan atlet softball yang juga artis Donny Kesuma untuk membantu menyemangati para pasien.

Direktur Utama RSUP dr Kariadi Semarang dr Bambang Wibowo menyambut baik perhatian yang diberikan PT Sido Muncul terhadap para pasien yang berasal dari keluarga tidak mampu. ”Bahwa pasien BPJS bukan berarti pelayanannya buruk. Kami terus tingkatkan pelayanan, bahkan RSUP dr Kariadi Semarang juga sudah mendapatkan standar akreditasi internasional,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir pada kesempatan itu juga mengakui pemerintah memang sudah menanggung biaya kesehatan, tetapi ongkosnya memang belum. ”Sama seperti pendidikan. Biaya sekolahnya kan sudah ditanggung, sudah ’free’. Namun, ongkos untuk berangkat ke sekolah kan juga perlu. Mari kebaikan ini ditularkan rame-rame,” pungkasnya. (dit/zal/ce1)