SURUH—Truk bermuatan kayu jati dengan nopol H 1874 AB yang diduga mengalami rem blong, terguling dan menimpa rumah warga di Desa Dadapayam Kecamatan Suruh, Selasa (16/6) kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun rumah warga yang tertimpa truk mengalami kerusakan.

Deriyanto, 39, sopir truk asal Desa Bancak, Kabupaten Semarang mengatakan bahwa saat melaju dari arah Salatiga, tiba-tiba rem truknya bermasalah dan blong hingga akhirnya terjungkal. Muatan yang berisi kayu jati serta merta tumpah dan menghantam ruang tamu dan kamar mandi rumah milik Riyanto.

“Posisi saat itu, saya tidak mengantuk sama sekali. Saya hendak mengerem, tapi tiba-tiba rem sudah tidak berfungsi. Akhirnya saya banting stir dan terjungkal. Dan muatannya malah menghantam rumah milik warga,” katanya.

Ditambahkan, truk yang dia kendarai sejatinya hendak berangkat dari Gunung Tumpeng menuju ke Jepara. Mencari jalur yang sepi, dirinya melewati jalur alternatif. Tapi karena mengalami rem blong, truk justru terguling sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Riyanto, 34, pemilik rumah mengaku kejadian tersebut berlangsung sangat cepat. Untung keluarganya tidak mengalami apa-apa. Memang saat terjadi rem blong, dirinya dan keluarga sedang berada di rumah. Dirinya sempat mendengar suara keras sebelum rumahnya tertimpa kayu jati yang akan dibawa ke Jepara tersebut.

“Beruntung sopir dan kernet sempat menyelamatkan diri. Meskipun beberapa bagian rumah saya rusak, tapi yang penting kecelakaan tidak menimbulkan korban jiwa,” ungkapnya.

Sambil menunggu truk derek dari Polres Semarang, petugas dari Polsek Suruh yang datang ke lokasi segera mengevakuasi truk da kayu dari tempat kejadian. Kecelakaan tersebut sempat menimbulkan kemacetan, akibat truk yang terguling menjadi tontonan warga. (abd/ida)