Tujuh Calon Independen Lolos

130
Joko Purnomo. (Radar semarang files)
Joko Purnomo. (Radar semarang files)

SEMARANG – Dari 13 pasangan calon perseorangan (independen) yang mendaftarkan diri sebagai calon bupati/wali kota dan wakilnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Jawa Tengah, tujuh di antaranya dinyatakan lolos verifikasi atau telah memenuhi syarat dukungan suara yang ditetapkan.

”Jumlah itu berdasarkan rekapitulasi pendaftaran perseorangan per tanggal 16 Juni 2015 pukul 06.00. Sehingga kemungkinan nanti jumlahnya dapat bertambah,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnowo, kemarin.

Joko menjelaskan, tujuh pasangan calon yang dinyatakan lolos verifikasi itu masing-masing satu pasangan dari tujuh daerah yang berbeda. Mereka adalah Abdul Hafidz- Bayu Andrean (Rembang), Cahyo Sumarso-M. Yakni Anwar (Boyolali), Sujaka Martana-Fauzi Umar Lahji (Kota Pekalongan), Joko Prasetyo-Drs Priyo Waspodo (Kota Magelang), Suhardi-Joko Wiyono (Wonosobo), Mustafid Fauzan-Sri Harmanto (Klaten), dan Budiseno-Brigjen TNI Marinir (Purn) Giyarto (Wonogiri).

Joko menambahkan, saat ini masih dilakukan proses perhitungan dan verifikasi. Jika ditemukan dukungan ganda, maka pasangan calon yang bersangkutan masih diberikan kesempatan untuk mengganti satu kali. Baru kemudian dilakukan verifikasi ulang oleh KPU. ”Hasil verifikasi ini nantinya yang digunakan untuk mendaftar pada 26 Juli 2015 mendatang,” imbuhnya.

Berdasarkan data KPU Jateng, dari 21 kabupaten/kota yang bakal menyelenggarakan Pilkada 2015, 11 daerah di antaranya belum ada calon independen. Ke-11 daerah itu adalah Kota Semarang, Kabupaten Purbalingga, Kota Surakarta, Kabupaten Blora, Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Purworejo, Pemalang, Grobogan, Sragen dan Kabupaten Pekalongan. Sementara sisanya, diketahui telah mendaftarkan, hanya saja tidak memenuhi persyaratan. (fai/ric/ce1)