MUSPIM: Wakil Ketua DPW PKB Jateng, Hj Ida Nur Sa’adah (kiri) memberikan prakata dalam musyawarah pimpinan (Muspim) DPC PKB kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MUSPIM: Wakil Ketua DPW PKB Jateng, Hj Ida Nur Sa’adah (kiri) memberikan prakata dalam musyawarah pimpinan (Muspim) DPC PKB kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Edy Sayudi memperoleh suara tertinggi dalam forum musyawarah pimpinan (muspim) DPC PKB yang dihelat disebuah hotel di Demak, kemarin. Dari tujuh kandidat bakal calon bupati (bacabup), Edy meraih 20 suara. Disusul kemudian, Mustofa Abdul Hadi 16 suara, KH Musadad Syarief 12 suara, Mulyani M Noer 9 suara, HM Dachirin Said 2 suara, Farkhan 0 suara, Heri Supriyanto 0 suara, dan suara tidak sah tercatat ada 2 suara. Karena itu, total jajaran pengurus PAC maupun DPC yang memberikan suara ada 61 suara.

Edy Sayudi mengatakan, hal ini merupakan awal yang baik untuk melangkah selanjutnya, termasuk mengikuti proses fit and proper test di DPP PKB. “Kami juga akan komunikasi lebih intensif dengan jajaran PKB. Saya kan warga baru di PKB,” kata Edy, kemarin.

Edy mengapresiasi bagi yang telah memberikan suara kepadanya dalam muspim tersebut. M Meski begitu, untuk mendapatkan rekomendasi untuk maju dalam pilkada masih banyak proses yang harus dilalui. “Meski demikian, apapun keputusan DPP akan kita hormati. Kita sih tetap berharap DPP PKB bisa menerima aspirasi dari bawah atau daerah,” tambahnya.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB, Nurul Muttaqin mengatakan, hasil muspim selanjutnya akan dilaporkan ke DPP PKB. Hasil muspim merupakan salah satu faktor bagi calon untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB. Selain itu, akan dipertimbangkan hasil fit and proper test, hasil survey indepeden terhadap calon yang dijalankan DPP, serta kesiapan lainnya bagi calon. Termasuk kesiapan calon dalam pembiayaan para saksi dalam pilkada nanti. “Pada akhirnya akan ditentukan siapa calon yang paling siap dalam menghadapi pilkada tersebut,”katanya.

DPC PKB bakal mengusulkan bakal calon bupati dan wakil sebanyak lima nama ke DPP PKB. Yakni Munhamir, Nurul Muttaqin, KH Nurullah Yasin, Ahmad Safii dan Ahmad Salim. “Untuk rekomendasi kita perkirakan akan turun seminggu sebelum pendaftaran di KPUD,” tambahnya.
Muspim dihadiri para ketua partai lain. Seperti Ketua DPC Partai Gerindra, H Maskuri, Ketua DPC PDIP Fahrudin Bisri Slamet, Ketua DPD PAN Prayoga Sumarto, Sekretaris DPD Nasdem Muhammad Yasin, dan perwakilan partai lainnya.

Wakil Ketua DPW PKB Jateng, Ida Nur Sa’adah mengatakan, muspim sesuai dengan SK DPP PKB Nomor 2336/DPP-03/VI/A-1/I/2015 tentang petunjuk pelaksanaan penjaringan dan penetapan calon kepala daerah dari PKB. “Jadi, muspim ini menjadi salah satu pertimbangan DPP untuk menentukan calon itu,” katanya yang mewakili Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) yang berhalangan hadir.

Ida menambahkan, Gus Yusuf meminta semua jajaran PKB menjaga kekompakan termasuk dengan para kiai untuk bisa memenangkan pilkada. Siapapun yang dapat rekomendasi dan yang tidak dapat harus sama-sama ikut nyengkuyung kekompakan. “Karena itu, kalau ada yang tidak terpilih ya jangan mutung (ngambek),” imbuhnya.

PKB saat ini ibarat gadis cantik sehingga banyak partai yang memperebutkannya untuk bergandengan tangan menuju pelaminan. Untuk bisa mengusung calon diperlukan koalisi dengan partai lain. “Maklum, di Demak ini kan basis PKB,”kata Ida yang juga anggota DPRD Provinsi Jateng dari PKB ini.” tambahnya. (hib/fth)