Widya Kandi Bantu Jaringan Air Bersih

333
DIALOG WARGA: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti saat berdialog dengan warga Genting Gunung di sela peresmian jaringan air bersih, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIALOG WARGA: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti saat berdialog dengan warga Genting Gunung di sela peresmian jaringan air bersih, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Bupati Kendal Widya Kandi Susanti memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo berupa jaringan sarana air bersih. Bantuan diberikan lantaran daerah tersebut minim akan ketersediaan air bersih setelah dilanda musibah banjir pada awal musim penghujan tahun lalu.

Widya Kandi mengatakan, pada April lalu telah terjadi musibah banjir bandang Sungai Terong di Desa Genting Gunung. Banjir tersebut mengakibatkan saluran pipa air bersih warga porak-poranda. Kerusakan juga berimbas pada tiga tandon air bersih di sepanjang aliran sungai yang menghubungkan rumah-rumah warga hilang terbawa arus.

Akibatnya, sebanyak 90 kepala keluarga (KK) dari 700 KK warga desa sempat selama ini mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga harus mengambil air dari tempat yang jauh atau membeli.

”Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melakukan penanggulangan darurat berupa perbaikan jaringan sarana air bersih. Secara fisik saat ini perbaikan telah selesai dan siap untuk digunakan,” ujar Widya kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Dikatakannya, setelah dibangunnya jaringan sarana air bersih ini, dia berharap masyarakat dapat merawat dan menjaga sebaik-baiknya agar tidak rusak. ”Semoga masyarakat Genting Gunung tidak akan kesulitan lagi mendapatkan pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Selain memberikan bantuan, Bupati Widya juga berjanji akan mengaspal jalan di sepanjang Desa Genting Gunung. Sebab, infrastruktur jalan di desa tersebut sangatlah buruk.

”Masih banyak pekerjaan yang harus saya tuntaskan, makanya kedatangan saya ke desa ini selain peresmian saluran air bersih, saya juga meminta doa dan dukungan agar bisa menyelesaikan tugas saya dengan baik,” harapnya.

Dikatakan, setiap berkunjung ke pedesaan merupakan kesempatan bagi dirinya untuk bisa bertatap muka secara langsung dengan masyarakat. Dalam dialog dengan warga, Widya sempat menyampaikan permintaan maaf, jika selama memimpin kurang memperhatikan warga Desa Genting Gunung.

”Begitu banyaknya pekerjaan yang menyita waktu di kantor maupun kunjungan ke daerah. Bagi saya menjadikan rasa tanggung jawab dan kepercayaan masyarakat ternyata masih bisa menerima saya menjadi bagian dari mereka dalam membangun Kabupaten Kendal,” tandasnya.
Kegiatan peresmian kemarin dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Staf Ahi Bupati Bidang Pembangunan Infrastuktur, pimpinan SKPD terkait, Camat Sukorejo bersama Muspika, serta para kepala desa dan tokoh masyarakat setempat. (bud/aro/ce1)