Tanam Bibit Waru dan Ketapang, Dibantu Relawan

271
SUKARELA : Sejumlah relawan ikut menanam bibit pohon Waru dan Ketapang di Pantai Pasirsari, kemarin. (Hanafi/jawa pos radar semarang)
SUKARELA : Sejumlah relawan ikut menanam bibit pohon Waru dan Ketapang di Pantai Pasirsari, kemarin. (Hanafi/jawa pos radar semarang)

Penghijauan di pantai tidak harus menanam pohon bakau. Pohon lain juga bisa ditanam, seperti yang dilakukan Polres Pekalongan Kota dalam rangka HUT ke 69 Polri. Seperti apa?

Lutfi Hanafi, Pekalongan

Jumat pagi, (12/6) tampak ratusan anggota Polres Kota Pekalongan dibantu masyarakat dan mahasiswa peduli lingkungan menanam ribuan pohon di sepanjang Pantai Pasirsari Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Acara yang dimulai pukul 07.00 tersebut dibuka dengan penanaman pohon secara simbolis oleh perwakilan dari Muspida, Pemkot, Kodim, PN, Kejaksaan dan Polres Pekalongan Kota.

Dilanjutkan dengan penanaman oleh anggota Polres dan relawan yang hadir. Sekitar pukul 08.00 peserta tanam pohon berangsur-angsur meninggalkan tempat. Namun di ujung barat pantai tersebut, koran ini masih melihat beberapa relawan dan polisi masih sibuk menanam pohon.

Saat didatangi mereka memang bagian dari kegiatan tersebut. Yang menarik perhatian koran ini, justru sebagian besar adalah perempuan, di tengah cuaca semakin siang dan terik masih semangat menanam pohon yang masih banyak.

Salah satunya adalah Muda Silvia Nanda Putri. Dirinya mengaku dari Komunitas Pekalongan. “Saya memang senang aksi sosial. Kemarin juga diajak anggota komunitas lain,” ucap mahasiswa semester 4 Unikal yang lebih senang dipanggil Rito ini.

Hal yang sama juga dilakukan oleh rekannya sesama relawan, Laili Kusuma Wardani. Mereka tidak risih walaupun tangan halusnya kotor oleh tanah. Bahkan mereka serasa tidak kepanasan, padahal semakin terik. “Saya sudah sering ikut acara seperti ini. Senang saja berbuat yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucap gadis berhijab ini.

Tidak hanya kedua mahasiswi itu saja yang semangat. Muparti dan Sarni warga Pandanarum yang tinggal dekat pantai juga antusias dalam penanaman pohon tersebut. “Saya awalnya hanya ingin tahu cara menanam pohon yang benar saja. Kalau sudah bisa, ingin ikut menanam di sekitar tempat tinggal kami. Agar suasana lebih adem dan asri,” ucap perempuan setengah baya tersebut.

Sarni menuturkan, dirinya bersama ke 5 rekannya diajak ketua RT setempat untuk ikut dalam acara tersebut. “Saya memang suka kegiatan gotong royong seperti ini, memang banyak manfaatnya,” tambahnya.

Diungkapkan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Luthfie Sulistiawan, kegiatan penanaman pohon tersebut dalam rangka HUT Polri ke 69. “Kita lakukan gerakan menanam 1.000 pohon, kita memilih jenis Ketapang dan Waru saja. Karena kedua pohon itu saja yang kuat ditanam di daerah pinggir pantai,” jelasnya.

Penanaman pohon dilakukan di lokasi taman batas antara pantai dan pemukiman, dengan harapan bisa memperkuat tanah sehingga tidak mudah erosi. Jika sudah besar, diharapkan pula pohon-pohon tersebut bisa membawa kesejukan di sekitar lokasi. Selain itu, juga bisa jadi tempat berteduh pengunjung yang pergi ke pantai tersebut. Serta bisa membantu dalam menguatkan pembatas garis pantai. (*/ric)