Pengurus Wushu Segera Datangkan Pelatih Asing

168

SEMARANG – Pengprov Wushu Indonesia (WI) Jateng segera mendatangkan pelatih asing dari Tiongkok, Juni ini. Hal tersebut merupakan bagian dari program pemusatan latihan dan sesuai dengan rancangan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng.

Perekrutan pelatih asing itu diharapkan bisa mematangkan persiapan kontingen wushu Jateng menghadapi babak kualifikasi PON XIX. ”Usai kejurprov beberapa waktu lalu, kami akan mengintensifkan pelatda bagi atlet Jateng. Salah satunya, mendatangkan pelatih asing dari Tiongkok,” tutur Ketua Harian WI Jateng Sudarsono.

Diharapkan dengan adanya pelatih dari Tiongkok tersebut, juga bisa meningkatkan kualitas atlet wushu Jateng. Tak hanya untuk kepentingan pelatda, pelatih asing nanti akan dimanfaatkan dalam hak pelatihan bagi pelatih yang ada di Jateng.

Sudarsono menilai, sangat sayang jika hanya untuk pemusatan latihan Pra-PON saja. ”Semaksimal mungkin harus kami gunakan tenaganya. Eman-eman jika hanya untuk pelatda, karena ilmu yang dimiliki oleh pelatih asing bisa diserap untuk pelatih Jateng,” tutur Wakil Ketua II KONI Jateng itu.

Yang pasti, pelatih asing tersebut telah memenuhi standar yang diinginkan KONI Jateng seperti sertifikasi internasional atau lainnya. WI Jateng betul-betul ingin mendapatkan pelatih asing yang berkualitas untuk para atletnya.

Pihaknya membuka pintu selebar mungkin bagi insan wushu Jateng yang ingin memanfaatkan tenaga pelatih asing itu untuk berkonsultasi terkait pembinaan. Pada dasarnya, program itu untuk kemajuan wushu di provinsi ini.

”Harus diakui, pola pelatihan wushu di Jateng belum terpola dengan baik apalagi terstandar. Nah, kami ingin dengan kedatangan pelatih internasional ini, pelatih Jateng bisa berguru dan nantinya menerapkan pola latihan terstandar,” ujar dia.
Selain akan segera mendatangkan pelatih asing, WI Jateng saat ini juga tengah menyusun berbagai program persiapan salah satunya rencana program try out ke tiga daerah yaitu Jakarta, Jabar, dan Jatim. (bas/zal)