TEMBALANG – Peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2015 diminta melakukan pengecekan lokasi ujian sesuai nomor peserta minimal sehari sebelum pelaksanaan ujian pada Selasa (9/6) besok.

Hal itu dimaksudkan untuk menghindari kebingungan peserta pada hari H ujian. Karena lokasi ujian antara tempat satu dan lainnya berjarak cukup jauh. ”Kalau datang saat ujian berlangsung tanpa mengecek sehari sebelumnya, peserta bisa rugi waktu jika datang ke tempat ujian yang salah. Untuk peserta ujian kelompok sosial humaniora di Undip, tempat ujiannya ditempatkan di kampus Tembalang, Pleburan dan beberapa sekolah. Jadi, agar tidak bingung harus cek tempat dahulu. Sehingga pas hari ujian tidak nyasar dan salah ruang,” ujar Plt Kepala Humas Universitas Diponegoro (Undip), Rini Handayani, Minggu (7/6).

Dia menyebutkan, pada SBMPTN panitia lokal Semarang, Undip kebagian mengelola tempat ujian bagi kelompok peserta soshum, sedangkan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk kelompok ujian sains dan teknologi (sainstek), sementara Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menangani kelompok ujian campuran. ”Khusus soshum, kami menyediakan 32 lokasi ujian. Dari sekian lokasi itu, di antaranya ditempatkan di Kampus Tembalang dan Pleburan, kemudian di SMAN 9, SMAN 4, SMPN 21, SMPN 27, dan SMKN 8 Semarang. Jumlah peserta ujian soshum 14 ribuan lebih,” katanya.

Rini mengatakan, mengetahui lokasi ujian merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan peserta pada SBMPTN selain belajar untuk menguasai materi. ”Jika peserta salah ruang, tidak akan dilayani dan diminta menuju ruang ujian sesuai nomor peserta. Hal itu juga dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan perjokian pada SBMPTN,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Humas Unnes Bambang Priyono mengatakan, pada sesi awal, semua peserta SBMPTN dari berbagai kelompok ujian akan mengerjakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

Tes tersebut ditujukan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Hasil tes itu juga menjadi ukuran kemampuan berkomunikasi dan bernalar bagi calon mahasiswa.

Usai mengikuti sesi awal, selanjutnya peserta akan mengikuti ujian sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. ”Jadwal ujian keterampilan bisa dilihat di kampus penyelenggara. Biasanya, pelaksanaan ujian keterampilan itu digelar satu hingga dua hari usai dilaksanakannya ujian tulis,” katanya. (ewb/zal/ce1)