Optimalkan Potensi Ikan Tawar

204
Didik Herdiana Prasetyo. (Radar semarang files)
Didik Herdiana Prasetyo. (Radar semarang files)

SEMARANG – Potensi pembenihan ikan air tawar di bawah Satuan Kerja Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Janti, Klaten dinilai cukup besar. Hanya saja, karena kurang mendapat perhatian, akhirnya potensi itu kurang maksimal. Padahal jika dimaksimalkan bisa menopang perekonomian masyarakat Jateng.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Didik Herdiana Prasetyo mengatakan, pihaknya sudah berkunjung ke lokasi pembenihan ikan air tawar di bawah Satuan Kerja Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Janti, Klaten. Dari kunjungan itu, ternyata potensi ikan tawar sangat bagus. ”Jika itu dimanfaatkan, saya kira bagus untuk menopang perekonomian masyarakat Jateng,” katanya, kemarin.

Politisi PDIP ini meminta agar pemprov dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah benar-benar mengoptimalkannya. Selain bisa menopang perekonomian, tentu bisa membantu untuk menyuplai kebutuhan ikan di Jateng. ”Jadi nanti tidak hanya fokus ikan laut. Kita punya ikan tawar yang bagus, ikannya besar dan berkualitas,” imbuhnya.

Dia mendambakan, pembenihan dan pembibitan itu bisa dikembangkan untuk masyarakat. Misalnya dengan menggandeng masyarakat untuk bisa turut serta membudiyakan di pekarangan rumah masing-masing. Jika ini sukses, jelas bakal bisa menjadi pemasukan tambahan. ”Apalagi ini kan bisa jadi sampingan dan tidak membutuhkan lahan yang cukup besar. Bisa di pekarangan rumah yang sempit,” tambahnya.

Ketika masyarakat dilibatkan, otomatis hasil produksi ikan nila Larasati dari lokasi pembenihan itu semakin banyak. Ketika kebutuhan Jateng sudah tercukupi, bisa dilarikan ke Jabar dan Jatim. Sebab, ikan yang dihasilkan memiliki kelebihan dan kebutuhan masyarakat akan ikan terus meningkat. ”Pemprov harus benar-benar memanfaatkan potensi ini. Jika dikelola dengan baik bisa menjadi ikon Jateng,” tambahnya. (fth/ric/ce1)