Sumberejo Layak Menang

232
SURVEI: Tim penilai dari Provinsi Jateng saat melakukan penilaian lomba desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SURVEI: Tim penilai dari Provinsi Jateng saat melakukan penilaian lomba desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Desa Sumberejo, Kecamatan Mranggen layak untuk menang dalam lomba desa tingkat Provinsi Jateng. Dengan demikian, diharapkan bisa melaju ke level tingkat nasional. Plt Kepala Desa Sumberejo, Supriyadi mengatakan, kampung yang dipimpinnya sebelumnya telah menjuarai lomba desa tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. Kini, desa ini maju tingkat provinsi. “Kita berharap, bisa juga maju dalam lomba desa tingkat nasional,”katanya disela penilaian lomba desa provinsi oleh tim penilai di desa diujung selatan Kecamatan Mranggen tersebut, kemarin.

Supriyadi menambahkan, fasilitas di desa tersebut dinilai sangat lengkap, utamanya bidang pendidikan maupun kesehatan. “Kita terus melakukan pemberdayaan masyarakat untuk bisa menjadi mandiri,”katanya.

Di desa tersebut antara lain, ada lima posyandu dan sebuah posyandu untuk kaum lansia. Dari sisi aplikasi administrasi kependudukan juga komplit. Kerajinan sangkar burung juga menjadi andalan desa, termasuk kerajinan parut kelapa, bantal guling yang pemasarannya hingga luar Jawa.

Tim penilai yang datang ke Desa Sumberejo antara lain, Dosen Undip Yulianto, Jayanto Arus Adi dari PWI Jateng, Diana dari Bapermas dan Slamet dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Ketua tim penilai dari Bapermas Provinsi Jateng, Tavip mengatakan, Demak yang diwakili Desa Sumberejo tersebut berpeluang besar untuk memenangi lomba desa tingkat Jateng. “Desa ini telah masuk 6 besar dari 7 ribu desa yang ada. Kita pun berharap, Demak bisa wakili Jateng lomba desa tingkat nasional,” katanya. (hib/fth)