BANGGA: Izzatul Naila (tengah) dan keluarga foto bersama dengan Bupati Dachirin Said di Masjid Agung Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BANGGA: Izzatul Naila (tengah) dan keluarga foto bersama dengan Bupati Dachirin Said di Masjid Agung Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK- Izzatul Naila, siswi SDN Harjowinangun I ini terus melaju dalam Aksi Junior 2015 di sebuah televisi swasta. Anak pasangan suami istri Purwandi, 34, dan Kumaedah, 34, warga RT 8 RW 2, Desa Kramat, Kecamatan Dempet tersebut telah berhasil masuk babak 42 besar setelah bersaing dengan sekitar 1.700 peserta dalam lomba pidato anak-anak. Kemarin, Izzatul Naila diundang Bupati Dachirin Said untuk hadir dalam pengajian rutin Mingguan para pejabat di Masjid Agung Demak.

Ibu Naila, Kumaedah mengatakan, Naila mulai mengikuti audisi di Jakarta pada Mei lalu. Salah satu tema pidato yang disampaikan dalam ajang audisi adalah Salat sebagai Tiang Agama. Naila akhirnya lolos seleksi. Kini, Nailai bakal berangkat lagi ke Jakarta untuk dikarantina. “Mental Naila memang berani jadi sangat antusias untuk ikut lomba,” katanya saat ditemui di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Demak, kemarin.

Guru PAI SDN Harjowinangun I ini menambahkan, Naila sudah sering berlatih dan menjuarai beberapa lomba. Seperti, dalam lomba bercerita, pildacil tingkat kecamatan, dan lomba cerita rakyat Ki Ageng Tembayat. Naila sudah terbiasa dengan kondisi sebagai juara lomba. Karena itu, ketika ia melihat ada aksi junior di televisi langsung ingin turut berkompetisi. “Tekadnya besar untuk menjadi juara. Dulu, dalam lomba ia sempat menangis karena tidak dapat juara,” tambahnya.

Kepala Disparbud Demak, M Ridwan mengatakan, Naila sangat berpotensi untuk menjadi juara dalam lomba pidati Aksi Junior tersebut. “Ia punya talenta yang bagus. Mudah-mudahan bisa sukses. Yang penting jangan grogi (gemetar),”pesan M Ridwan kepada Naila.

Menurutnya, Pemkab Demak sangat mendukung Naila. Bupati Dachirin Said mengungkapkan, banyak siswa di Demak yang sebetulnya memiliki kemampuan lebih untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan, termasuk Izzatul Naila tersebut. “Karena itu, kita berharap potensi anak-anak kita ini bisa terus bermunculan sehingga bisa membawa nama baik Demak sebagai Kota Wali dilevel nasional,” katanya. Kepala SDN Harjowinangun I, Masthoha mengatakan, Naila untuk sementara tidak masuk sekolah sehingga bisa fokus mengikuti aksi junior tersebut. (hib/fth)