Demak Siap Gelar Indonesia Scouts Challenge

293
SALAM PRAMUKA: Waka Binawasa Kwarcab Pramuka Demak, H Fahrur Rozi (tengah) dan jajarannya berfoto bersama dengan Direktur Jawa Pos Radar Semarang H Abdul Aziz usai sosialisasi program Indonesia Scouts Challenge di Kantor Pramuka, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SALAM PRAMUKA: Waka Binawasa Kwarcab Pramuka Demak, H Fahrur Rozi (tengah) dan jajarannya berfoto bersama dengan Direktur Jawa Pos Radar Semarang H Abdul Aziz usai sosialisasi program Indonesia Scouts Challenge di Kantor Pramuka, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Program nasional Indonesia Scouts Challenge (ISC) persembahan Jawa Pos Group dan PT DBL kerja sama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, terus disosialisasikan. Kemarin (5/6), sosialisasi aktivitas seru berkemah itu dilakukan di Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Demak, tepatnya di Kantor Pramuka-PGRI Demak.

Dalam pertemuan ini, hadir Direktur Jawa Pos Radar Semarang H Abdul Aziz, Ajie dari PT DBL dan H Fahrur Rozi selaku Waka Binawasa Kwarcab Pramuka Demak. Hadir pula, pengurus Kwarcab Pramuka lainnya. Yakni, Drs Ahmad Munif MPd (Sekretaris I), Winarto SKM (Sekretaris 2), Z Arumi Purwati SPd (Bendahara), Rajipan Hadiatno SPd (anggota Bidang Bina Muda), Kinkin Purwoko SPd SD, MSi (anggota Bidang Bina Muda), Eko Ngudi Utomo, SPd SD (anggota Bidang Bina Muda) dan Desy Sukma Hartaji (Staf Kwarcab).

Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Abdul Aziz, mengungkapkan, pihaknya berupaya untuk menyosialisasikan program tersebut secara lebih detail teknis penyelengaraan, termasuk soal pendaftaran peserta. Hal itu untuk menindaklanjuti amanah hasil MoU antara Jawa Pos Group dengan Kwarnas Pramuka di Jakarta, serta hasil Rekerda Pramuka Jateng di Semarang sebelumnya.

”Kami sangat concern untuk ikut mengembangkan kegiatan pramuka ini. Sebab, ada nilai-nilai penting yang diajarkan di pramuka. Misalnya, soal gotong royong, kekompakan, kemandirian dan sebagainya. Nilai-nilai ini harus kita bina dan uri-uri terus supaya generasi muda kita nanti lebih tahan ujian dalam berbangsa dan bernegara,” katanya, kemarin.

Dia menambahkan, sekarang ini generasi muda banyak yang menyukai hal-hal yang cenderung membentuk karakter individualistik. Padahal, sebenarnya budaya asli Indonesia di antaranya adalah gotong royong dan toleransi.

”Karena itu, kita akan buat kegiatan Gerakan Pramuka ini bisa lebih dicintai dan dikenal lagi masyarakat luas. Kegiatan pramuka sangat bagus, namun ekspose media yang masih kurang. Dengan kondisi ini, Jawa Pos Group siap mengekspos kegiatan kepramukaan termasuk melalui kegiatan Indonesia Scouts Challenge ini,” ujarnya.

Abdul Aziz menambahkan, kegiatan perkemahan pramuka yang diselenggarakan masing-masing kwarcab akan berlangsung selama dua hari dengan sistem kompetisi. Yang berhasil juara atau lolos seleksi level Kwarcab akan dikirimkan ke tingkat Kwarda dan berikutnya ke Kwarnas. ”Dan, tim yang menjadi juara di tingkat nasional akan diterbangkan ke Amerikat Serikat,” ujarnya.

Perwakilan dari PT DBL, Ajie, menuturkan, syarat pendaftaran terbuka untuk gugus depan (gudep) atau satuan komunitas (sako). Dalam kegiatan ini, satu gudep bisa mengirimkan lebih dari satu regu putra-putri. Setiap regu terdiri atas 10 siswa, termasuk pemimpin regu dan 1 orang pembina. ”Kegiatan kepramukaan dikemas secara modern dan menghibur dengan menggunakan metode kepramukaan sebagai landasan,” katanya.

Dia menjelaskan, peserta kegiatan ISC adalah pelajar kelas 4 dan 5 sekolah dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyyah (MI) maksimal berusia 12 tahun pada tahun ajaran 2015/2016 yang berasal dari 7 provinsi. Yakni, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. ”Selama dua hari perkemahan nanti ada game kepramukaan untuk melatih ketangkasan, gotong royong, manajemen dan lainnya. Pendaftaran bisa dilakukan di Kwarcab masing-masing dan Kantor Jawa Pos Group setempat,” jelasnya.

Waka Binawasa Kwarcab Pramuka Demak, H Fahrur Rozi, menyambut baik program Indonesia Scouts Challenge yang digagas Jawa Pos Group dan PT DBL. ”Ini program yang menarik dan luar biasa. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik dan bermanfaat,” katanya.

Kwarcab Demak sendiri diharapkan bisa mengerahkan setidaknya 10 ribu lebih anggota pramuka dari angka minimal 2 ribu peserta dalam kegiatan Indonesia Scouts Challenge tersebut. (hib/fth/aro/ce1)