LEBIH RINGKAS : Car Audio Garuda Jaya merancang penempatan audio agar tidak memakan banyak tempat, tapi kualitas suara tetap terjaga. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LEBIH RINGKAS : Car Audio Garuda Jaya merancang penempatan audio agar tidak memakan banyak tempat, tapi kualitas suara tetap terjaga. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG–Rasanya kurang lengkap jika mobil tidak dilengkapi audio. Sayang, formasi speaker yang menghasilkan suara renyah harus memakan banyak tempat. Apalagi untuk golongan Low Cost Green Car (LCGC) atau city car yang tidak punya sisa yang banyak. Melihat hal itu, Owner Car Audio Garuda Jaya, Untung, mencoba merancang penempatan audio yang tidak memakan banyak tempat, tapi tetap menjaga kualitas suara.

“Keberadaan speaker yang besar memang menyita banyak tempat, terutama bagian bagasi belakang. Karena itu, harus tahu bagaimana mengakali agar tetap ringkas, tapi suara tetap oke,” ungkapnya ketika ditemui di BCA Autofest 2015 di Marina Convention Centre (MCC), beberapa waktu lalu.

Pada pameran tersebut, Garuda Jaya yang menggandeng Dian-Tara menggelar promo-promo menarik. Ada tiga paket audio yang disuguhkan dengan harga spesial yang bisa dicicil 6-12 bulan. Sebut saja Capre Diem yang dipatok Rp 3,5 juta, Dominations Rp 4,5 juta, dan Focal Rp 6 juta. Ketiga paket tersebut merupakan rangkaian dari speaker, tweeter, power, serta subwoofer.

“Harga itu sudah termasuk biaya pemasangan. Kalau di luar pameran, harganya bisa lebih mahal sekitar Rp 1 jutaan. Kali ini, kami juga memberikan voucher belanja senilai Rp 300 ribu secara gratis untuk pembelian tiga paket tersebut,” imbuh Untung.

Tak hanya itu, Garuda Jaya dan Dian-Tara juga membuka trade in. Speaker dengan jenis, merk, dengan kondisi apa pun akan dibeli dengan harga Rp 1 juta. Pameran itu juga mengenalkan Dominations tipe murah agar konsumen bisa mencicipi kualutas suara yang dihasilkan.

“Kami menawarkan speaker dengan harga Rp 110 ribu. Meski murah, kualitasnya tetap unggulan karena barang ini bisa dibilang taster agar pemilik mobil bisa tahu karakter dan kualitasnya dulu,” ungkapnya.

Untung juga memperkenalkan subwoofer mini berkekuatan tinggi yang bisa dipasang di kolong jok agar tidak memakan banyak tempat. Boombox RS8 berukuran 8 inci yang dibanderol Rp 2,5 juta ini cukup bertenaga karena sudah disematkan passive radiator untuk merenyahkan suara bass.

“Subwoofer ini bisa jadi alternatif untuk mobil-mobil kecil yang ruangan kabinnya terbatas. Meski mini, suranya bisa diadu dengan yang berukuran lebih dari 10 incii,” ucapnya.

Sementara itu, pemilik Dian-Tara, Eddy Pramono menuturkan, di tengah perekonomian yang lesu ini, animo masyarakat untuk mendapatkan audio berkualitas tetap tinggi. “Mungkin audio mobil sudah menjadi kebutuhan atau gaya hidup. Bukan lagi sekadar pemantas saja,” tegasnya. (amh/ida)