179 Peserta Ikut Seleksi Panwascam

222
SELEKSI: Para peserta tes seleksi Panwascam serius mengerjakan soal yang diujikan kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SELEKSI: Para peserta tes seleksi Panwascam serius mengerjakan soal yang diujikan kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Animo masyarakat untuk menjadi anggota pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) di Demak cukup tinggi. Kemarin, setidaknya ada sebanyak 179 peserta dari berbagai kalangan, mengikuti tes tertulis menjadi anggota panwasacam. Mereka mengikuti tes setelah dinyatan lolos seleksi administrasi sebelumnya.

Tes anggota panwascam ini berlangsung di Aula Akademi Komunitas Negeri (AKN) Demak. Sekretaris Panwaskab Demak, Yanto Mulyanto mengungkapkan, sebetulnya terdapat 181 peserta yang mendaftarkan diri. Namun, dua orang diantaranya tidak bisa melengkapi persyaratan, yakni surat kesehatan. “Mereka berasal dari 14 kecamatan,” kata Yanto, kemarin.

Ia menambahkan, dalam ujian tertulis ini, setiap kecamatan akan diambil 6 orang pendaftar. Kemudian, mereka akan mengikuti tahapan seleksi tes wawancara serta diambil 3 orang untuk menjadi anggota Panwascam. “Ini sebagai tahapan untuk mencari panwascam,” tambahnya.
Ketua Panwaskab Demak, Khoirul Saleh mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan yang sama kepada para peserta. Mereka yang ikut tes ada yang pernah menjadi PPL, Panwascam, PPK, dan KPPS. Bahkan, kali ini juga ada yang berasal dari jurnalis. “Untuk soal yang diujikan berasal dari Bawaslu Jateng,” kata Khoirul.

Materi yang diujikan seputar pemilihan kepala daerah (pilkada). Yang menarik, agar soal-soal tersebut terjaga dari hal yang tidak diinginkan, droping soal dikawal ketat kepolisian. “Soal datang pagi dan langsung diujikan untuk peserta,”katanya. Mereka yang lolos tes tertulis selanjutnya menjalani fit and proper test yang berlangsung antara 2 hingga 3 Juni mendatang. (hib/fth)