Gorengan Plastik Hebohkan Ungaran

242

UNGARAN – Anda yang suka makan gorengan, hati-hati saja. Sebab, diduga sekarang beredar gorengan yang mengandung plastik. Ini seperti yang ditemukan di sebuah warung di daerah Kuncen, Ungaran Barat. Makanan yang banyak digemari warga itu memiliki rasa lebih krispi dan tahan lama. Bahkan seharian penuh, mendoan goreng yang diduga bercampur plastik itu masih terlihat fresh dan tidak lembek. Diduga, pembuat mendoan tersebut mencampur minyak goreng dengan plastik.

”Gorengan ini setoran dari orang lain. Awalnya, saya tidak tahu, ternyata banyak yang bilang mengandung plastik,” kata pemilik warung, Tanti, kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tanti curiga gorengan titipan itu mengandung plastik setelah hingga sore tak juga lembek. Bahkan, sampai malam terlihat garing dan krispi. Tanpa disengaja pemilik warung melihat ada plastik terselip di gorengan tersebut.

Karena penasaran, ia kemudian membakar gorengan itu. Ternyata benar, gorengan tersebut terbakar dan sempat meleleh. Selain itu, bau saat dibakar pun menyerupai plastik terbakar. ”Saat itu, saya bilang ke pembeli, jangan lagi makan gorengan ini, nanti bahaya. Sisa gorengan itu lalu saya simpan,” ujar Tanti.

Hingga kemarin, Tanti memang belum melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib. Sebab, ia merasa kasihan dengan orang yang menyetorkan gorengan ke warungnya. ”Saya hanya memberitahu kepada semua pelanggan saja. Selain itu, saya mulai menyetop kiriman gorengan titipan itu,” katanya. (mg24/aro/ce1)