Stok Beras Aman Hingga Lebaran

165

SEMARANG – Persediaan beras Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah hingga kemarin mencapai 155.000 ton. Jumlah tersebut dinilai mencukupi hingga lebaran mendatang.

Kepala Bulog Divre Jawa Tengah Damin Hartono mengatakan, persediaan ideal minimal dapat memenuhi kebutuhan selama tiga bulan. Dengan jumlah yang mencapai 155.000 ton, pihaknya bisa memenuhi hingga setidaknya 4 bulan. “Persediaan kita di atas stok ideal. Namun juga akan segera disalurkan, karena kalau terlalu lama disimpan juga dikhawatirkan akan rusak,” ujarnya, kemarin (25/5).

Pihaknya juga memastikan penyaluran untuk lebaran mendatang sudah menggunakan beras pengadaan tahun 2015. Karena beras serapan pada tahun sebelumnya sudah habis disalurkan. “Tahun 2015 ini kita mulai menyerap pada Maret lalu. Sehingga beras dalam kondisi baik. Namun apabila ada yang menerima dalam kondisi yang kurang baik, bisa segera dilaporkan dan ditukarkan ke kami,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam rangka antisipasi memasuki bulan Ramadhan, sejumlah upaya juga terus dilakukan untuk memenuhi persediaan dan menstabilkan harga beras di pasaran. Di antaranya dengan memantau harga beras di tingkat konsumen di pasar-pasar strategis. Ia juga menambahkan, terkait dengan adanya beras plastik, Bulog Divre Jateng menjamin tidak ada beras plastik tersimpan di gudang Bulog se-Jateng. Pihaknya senantiasa waspada dalam hal penyerapan dan penyimpanan beras di gudang. (dna/smu)