DONOR DARAH : Ratusan orang mendonorkan darahnya dalam Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah yang digelar di Alun-Alun Bung Karno, Ungaran oleh PMI dan Extra Joss. (DOK)
DONOR DARAH : Ratusan orang mendonorkan darahnya dalam Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah yang digelar di Alun-Alun Bung Karno, Ungaran oleh PMI dan Extra Joss. (DOK)

UNGARAN- Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Extra Joss melakukan gerakan kebangkitan bangsa bagi seluruh pemuda di Indonesia. Salah satunya di Kota Semarang dengan membuat gerakan Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah yang digelar di Alun-Alun Bung Karno, Ungaran, kemarin.

Gerakan bertema build your nation with your blood tersebut berupa aksi donor darah masal yang diikuti seluruh elemen bangsa. Tujuannya membangkitkan semangat berdonor darah terutama di kalangan anak muda. Sehingga dapat menunjang terpenuhinya kebutuhan darah di PMI selama setahun ke depan.

Gerakan yang dilakukan di 30 kota seluruh Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk PMI. Dari kegiatan di Ungaran, terkumpul 274 kantong darah. Harapannya, dari tahun ke tahun pendonor di PMI terus naik.

“Kami sangat mengapresiasi, karena banyak anak muda yang masih peduli terhadap sesama dengan mendonorkan darahnya. Mereka rela menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan, ini luar biasa menurut kami. Gerakan ini menjadi contoh salah satu aksi laki yang nyata,” ujar Area Manager Extra Joss, Cabang Semarang, Andik Priyo.

Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah, PMI Kota Semarang, dr Rini Astuti, mengatakan bahwa gerakan tersebut diharapkan dapat memicu lahirnya para pendonor darah baru. Sehingga beberapa wilayah yang masih kekurangan kantong darah akan menjadi fokus utama aksi yang dilakukan PMI dan Extra Joss ke depannya. “Kami berharap, masyarakat dapat ikut perpartisipasi dalam setiap kegiatan donor darah,” pungkasnya. (tyo/bis/ida)