TEMBALANG – Dosen Berprestasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Siswo Sumardiono mengungkapkan, mahasiswa Undip harus memiliki profil lulusan Undip COMPLETE, yakni Communicator, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker, Educator. Ironisnya saat ini banyak mahasiswa yang sangat lemah dalam berkomunikasi.

Hal itu diungkapkannya di sela seminar ’Strategi Meningkatkan Kemampuan Diri; Jurus Jitu Mendongkrak Indeks Prestasi Akademik,’ di ruang pertemuan perpustakaan kampus Undip, Rabu (20/5). Kegiatan itu dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa.

”Belajar efektif itu bukan belajar keras, tapi belajar yang tepat sasaran. Mahasiswa sekarang sangat lemah dalam hal komunikasi. Padahal ini (komunikasi) juga harus dilatih, karena untuk menjadi lulusan sukses tidak hanya dibutuhkan hard skill saja, namun juga soft skill,” ujarnya.

Dia memberikan sejumlah tip bagaimana mengikuti perkuliahan dengan baik sehingga berimbas pada peningkatan indeks prestasi akademik. Di antaranya, ketika mengikuti kuliah, hendaknya memahami kontrak perkuliahan.

Yakni mengikuti tatap muka minimal 75 persen, mempelajari materi lebih dulu sebelum disajikan oleh dosen, tidak terlambat, memilih tempat duduk strategis, membuat catatan intisari materi perkuliahan, serta aktif bertanya maupun berdiskusi dengan dosen. ”Jangan sampai, ketika jadi mahasiswa hanya datang, duduk, dengar, catat saja. Latihlah kemampuan bahasa Anda. Salin kembali catatan kuliah secara terperinci pada buku catatan khusus,” katanya.

Siswo menambahkan, mahasiswa harus memiliki karakter yang sesuai dengan harapan dunia kerja. Seperti pekerja keras, punya kepercayaan diri tinggi, visioner, mampu bekerja dalam tim, berkepribadian matang, mampu menganalisis, mudah beradaptasi. ”Selain itu juga harus bisa bekerja dalam tekanan, menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, mampu mengorganisir pekerjaan. Komponen sukses pada dunia kerja itu 20 persen berupa teknik dan 80 persen adalah mindset atau cara berpikir,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Perpustakaan Undip Wahyu Praptini menyebutkan, tujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa, antara lain agar dapat mendapatkan IPK tinggi serta memiliki soft skill yang memadai. UPT Perpustakaan sendiri merupakan unit yang sangat mendukung proses belajar mengajar dengan menyediakan berbagai koleksi buku sebanyak 103.000 buku. ”Perpustakaan Undip sendiri sudah dibuat senyaman mungkin untuk mahasiswa untuk mengakses buku-buku, jurnal internasional dan juga e-journal. Kita mengharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan dengan baik,” ungkapnya. (ewb/zal/ce1)