SALATIGA – Dinas Pendidikan Kota Salatiga optimis mempertahankan predikat pertama peraih hasil Unas SD se Jawa Tengah. Prestasi yang sudah lima tahun berturut – turut ini menjadi kebanggaan sekaligus motivasi tersendiri bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Gati Setiti mengatakan, optimis hasilnya bisa maksimal. “Dan kemungkinan bisa mendapatkan yang terbaik untuk keenam kalinya,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara dalam ujian sekolah (Unas) tahun ini, sebanyak 3053 siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI), SD Luar Biasa serta Kejar Paket A mengikuti US mulai, Senin (18/5) kemarin. Di hari pertama ujian, tidak ada siswa yang absen. Gati mengatakan, rincian siswa yang mengikuti ujian sekolah, untuk SD/MI sebanyak 3015 siswa, SDLB 14 siswa dan Paket A 24 siswa. Mereka berasal dari 94 SD dan 14 MI, serta sebuah sekolahan integral. “Dari hasil pantauan kami, di empat sekolahan, jalannya Unas lancar, tidak ada kendala,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk soal ujian sekolah ini, 70 persen dibuat Provinsi Jateng dan 25 persen materi soal berasal dari pusat (Jakarta). Setiap kota / kabupaten di Jawa Tengah mengirimkan sekitar tiga guru untuk membuat soal yang dikoordinir oleh provinsi. Untuk Salatiga mengirimkan tiga orang.

Sementara saat disinggung hasil Ujian Nasional (Unas) SMA, kelulusan siswa di Salatiga mencapai 100 persen. Dengan hasil nilai rata – rata di tingkat provinsi memuaskan. Sedangkan untuk per mata pelajaran (mapel), dari ketiga mapel, Kota Salatiga masuk sepulu besar. Yaitu untuk mapel Bahasa Indonesia rangking 3 provinsi, IPS rangking 5 dan untuk Matematika ranking 10. Peraih ranking itu semua berasal dari SMAN 1 Salatiga. Sedangkan ada dua nilai sepuluh yang diraih oleh siswa dari Salatiga, yaitu untuk maple Matematika dan bahasa asing, atas nama Bangun Prasetyo. “Meski Unas saat ini tidak menentukan kelulusan, namun pihaknya tetap mempersiapkan agar prestasi Salatiga lebih baik lagi. Karena dengan Unas ini bisa dijadikan tolok ukur hasil pembelajaran dan prestasi. (sas/fth)