SEMARANG – Ajang turnamen sepak bola Polda Jateng Cup 2015 akan resmi digulirkan Rabu (27/5) pekan depan. Sebanyak tujuh tim Divisi Utama (DU) asal Jateng akan ikut ambil bagian dalam turnamen yang rencananya akan rampung 5 Juli 2015 itu.

Bertempat di kantor Asprov PSSI Jateng kompleks Stadion Citarum Semarang kemarin (20/5), sebanyak tujuh tim peserta tersebut telah menggelar temu teknik untuk membahas masalah teknis pelaksanaan turnamen. Tujuh tim peserta tersebut akan dibagi dalam dua grup. Grup A bercokol empat tim yaitu PSIR Rembang, PSIS Semarang, Persijap Jepara dan Persis Solo. Kemudian di Grup B bercokol tiga tim yaitu Persibas Banyumas, Persip Pekalongan dan PSCS Cilacap. ”Atas kesepakatan bersama, pembagian grup tersebut didasarkan atas pembagian wilayah, tujuannya ya untuk menekan biaya pengeluaran setiap tim saat melakoni laga away,” kata anggota operator turnamen, Putut Wibowo Adi kemarin.

Turnamen itu sendiri dalam pelaksanaannya akan dibagi menjadi tiga fase. Fase pertama adalah babak penyisihan grup dengan dua putaran di mana setiap tim akan melakoni enam pertandingan pada fase tersebut.

Kemudian fase selanjutnya adalah fase semifinal. Sebanya empat tim yaitu juara dan runner up Grup A dan B akan bertarung pada babak semifinal menggunakan system home/away. Begitu juga di babak final dan perebutan juara ketiga juga menggunakan system home/away. ”Untuk hadiah dari pihak sponsor Intidana dan Polda telah menyiapkan piala bergilir, piala tetap dan uang Rp 30 juta untuk juara pertama, kemudian piala tetap dan uang Rp 20 juta untuk juara kedua dan piala tetap serta uang Rp 10 juta untuk juara ketiga,” lanjut Putut.

Sementara bagi PSIS Semarang sendiri, penasihat tim, Wahyu ’Liluk’ Winarto menegaskan timnya akan tampil all out untuk meraih hasil yang maksimal. Meski hanya bersifat turnamen lokal, namun ajang tersebut tidak kalah pentingnya dengan gelaran kompetisi kasta kedua.

Dan ajang tersebut tentunya bisa menjadi ajang pelipur lara di tengah vakumnya kompetisi. Selain itu, kali terakhir tim Mahesa Jenar turun di ajang turnamen adalah ketika merebut runner up Piala Emas Bang Yos (PEBY) di Jakarta 2006 silam. ”Tentu kami seperti sudah dahaga akan prestasi, apalagi untuk turnamen kami sudah cukup lama absen, terakhir turun di PEBY 2006. Makanya di turnamen kali ini kami akan membidik hasil semaksimal mungkin,” tegas Liluk.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, tercatat mulai sore (20/5) Fauzan Fajri dkk mulai dikumpulkan untuk kembali melakoni latihan rutin di Stadion Jatidiri Semarang. Sebanyak 16 pemain telah mengikuti latihan perdana.

Jika dilihat dari jadwal pertandingan, Fauzan Fajri dkk akan melakoni laga perdana yaitu laga tandang versus PSIR Rembang 27 Mei. Kemudian laga kedua yaitu menjamu Persijap Jepara di Stadion Jatidiri pada 31 Mei mendatang.

Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho ditemui di tempat yang sama kemarin mengatakan, prinsipnya tim pelatih Mahesa Jenar telah mengundang seluruh pemain mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi turnamen Polda Jateng Cup 2015. ”Untuk gelombang pertama latihan ini banyak dihadiri oleh pemain-pemain Semarang. Dan di sisa waktu sebelum turnamen pemain-pemain dari luar Semarang juga akan mulai berdatangan. Prinsipnya tim pelatih juga akan mempersiapkan tim menghadapi turnamen dengan sebaik-baiknya,” pungkas Agung. (bas/smu/ce1)