Penjualan Mobil Lesu

397
APRESIASI KONSUMEN: Nasmoco Group melakukan pengundian Semarak Toyota Fantastik 54 Tahun Nasmoco di Nasmoco Siliwangi Semarang, pekan lalu. (IDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
APRESIASI KONSUMEN: Nasmoco Group melakukan pengundian Semarak Toyota Fantastik 54 Tahun Nasmoco di Nasmoco Siliwangi Semarang, pekan lalu. (IDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
APRESIASI KONSUMEN: Nasmoco Group melakukan pengundian Semarak Toyota Fantastik 54 Tahun Nasmoco di Nasmoco Siliwangi Semarang, pekan lalu. (IDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pasar otomotif sejak awal tahun hingga saat ini sedang dilanda kelesuan, tak sebagus tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini akibat perekonomian yang melemah dan belum adanya belanja proyek pemerintah.

“Meski begitu, kami berharap ada peningkatan mendekati Lebaran 2015 ini,” kata Operation Manager Nasmoco Group, Pribadi Dian Nurcahyo di sela-sela pengundian Semarak Toyota Fantastik 54 Tahun Nasmoco di Nasmoco Siliwangi Semarang, kemarin lusa (13/5). Kendati begitu, Nasmoco Group bersyukur, ada sedikit kenaikan dari total penjualan sejak awal tahun hingga April 2015.

Menurutnya, dari pengalaman 5 tahun lalu, setiap kali mendekati Lebaran, tren penjualan selalu meningkat sejak 2 bulan sebelum Lebaran. Sedangkan kali ini, tanda-tandanya masih belum terlihat. “Meski begitu, kami masih berharap Mei ini ada proyek yang dijalankan pemerintah sehingga bisa mendongkrak penjualan mobil. Pasalnya, jika proyek pemerintah jalan, akan turut mendongkrak pasar otomotif,” harapnya.

Kendati begitu, Nasmoco masih memimpin pasar otomotif dengan perolehan di bulan April 30,5 persen. Toyota Avanza masih merajai penjualan dengan kontribusi 49,3 persen, disusul Toyota Agya berkontribusi 35,1 persen. “Pada Januari-April 2014 lalu, Nasmoco bisa membukukan penjualan sebanyak 9200 unit. Namun Januari-April 2015 hanya mampu membukukan penjualan 7981 unit. Atau turun hingga 12 persen,” katanya.

Lain halnya dengan mobil premium, tak terpengaruh dengan kondisi perekonomian. Sehingga sejak dilakukan launching All New Alphard dan All New Vellfire dan Camry, ada peningkatan luar biasa. Selama April 2015 telah terjual 13 unit, dan Camry 14 unit. “Ini lebih dari target,” tuturnya.

Kendati begitu, pihaknya tidak tinggal diam menghadapi lesunya pasar otomotif. Beragam pameran, promo DP rendah cicilan ringan hingga menggelar event yang melibatkan masyarakat terus digeber. Bahkan, dengan menawarkan harga spesial. “Kami yakin, jika Nasmoco aktif berjualan, kompetitor akan turut aktif juga. Sehingga pasar otomotif tetap ramai. Kami optimistis, bulan Juni akan ada peningkatan,” harapnya.

Pihaknya selaku Authorized Toyota Dealer untuk wilayah Jawa Tengah dan DIJ, kini menggeber Program Semarak Toyota Fantastik 54 Tahun Nasmoco dengan total hadiah 5 unit Toyota Etios Tom’s dan 4 unit Agya. Hadiah tersebut diundi dalam 3 gelombang, dan kali ini sudah memasuki pengundian kali kedua, dengan 3 unit Etios Tom’s dan 2 unit Agya.

Pengundian periode kedua yang dilaksanakan di Nasmoco Siliwingi Semarang, terkumpul 3.953 kupon konsumen yang melakukan pembelian produk Toyota. Jumlah kupon ini terdiri atas 1.940 kupon selama pembelian bulan April ditambah sisa kupon pengundian pertama sebanyak 2.047. Pengundian dilakukan oleh manajemen Nasmoco Group di hadapan notaris, perwakilan dinas sosial, kepolisian, perwakilan konsumen, dan mitra media.

Program Fantastik 54 Tahun Nasmoco khusus untuk konsumen yang melakukan pembelian mobil Toyota di 21 Cabang Nasmoco Group. Pada pengundian kedua ini, konsumen yang mendapatkan Toyota Etios Tom’s adalah Utomo Pribadi dari Semarang, Anton Motor dari Weleri, dan Sri Utami dari Semarang. Sedangkan yang mengapat hadiah Toyota Agya adalah Suardjo dari Sleman dan Sadi dari Tlogosari Wetan Semarang. “Konsumen Nasmoco yang melakukan pembelian di dua bulan itu mendapat kesempatan memenangkan hadiah langsung berupa 54 unit sepeda motor, 54 Samsung Galaxy Note4, 54 sepeda lipat, 54 dispenser, 54 lemari es portable, 54 air purifier dan ribuan hadiah menarik lainnya,” katanya. (ida/smu)