DEMAK – Sembilan bakal cabup cawabup telah mengembalikan formulir pendaftaran di DPC PKB yang ditutup Sabtu (16/5). Cabup itu adalah Bupati HM Dachirin Said (incumbent), KH Musadad Syarief (Ketua PCNU Demak), Edi Sayudi (Pengusaha), Mulyani M Noer (praktisi pendidikan), Farchan (TNI), Heri Supriyanto ( PNS), dan Mustofa Abdul Hadi (Banser Jateng). Sedangkan, cawabup yang mengembalikan formulir yaitu Munhamir (Ketua DPC PKB) dan Ahmad Salim (Wakil Ketua I ISNU). Beberapa cabup cawabup tersebut mengembalikan formulir pendaftaran di hari terakhir penutupan.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Demak, H Nurul Muttaqin mengungkapkan, hampir semua cabup cawabup mengembalikan formulir. Karena itu, hanya dua orang yang tidak mengembalikan. Yakni, Wahyu Prianto (PNS) dan Martoyo (Pensiunan PNS). “Dilihat dari pengembalian formulir itu, menunjukkan cabup cawabup semangat untuk diusung lewat PKB,” kata Nurul, kemarin.

Bahkan, dalam kegiatan istighotsah di rumah Ketua PAC PKB Kecamatan Guntur, Kabul kemarin para bakal kandidat tampak hadir semua. Termasuk Bakal Cabup HM Dachirin Said dan KH Musadad Syarief. Dalam kesempatan itu, Bupati Dachirin Said mengatakan, bahwa dalam pilkada sebelumnya pencalonannya juga telah diusung PKB. “Karena itu, kedepan tetap bersama PKB,”katanya.

Ketua PCNU Demak, KH Musadad Syarief mengungkapkan, pihaknya siap mendukung siapapun yang direkomendasikan DPP PKB nanti. “NU siap mendukung siapapun yang memperoleh rekomendasi,” katanya dihadapan para hadirin dalam forum istighotsah.

Setelah semua mengembalikan formulir tersebut, DPC PKB selanjutnya akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran antara 17 hingga 22 Mei serta musyawarah pimpinan pada 15 Juni. Sedangkan, fit and proper test berlangsung 25 hingga 30 Juni. Setelah itu, tinggal menunggu rekomendasi DPP PKB.(hib/fth)