Lupakan Hal Kecil, Banyak Kecelakaan

127
SAFETY RIDING : Anggota Komunitas mobil di Kota Semarang melakukan simulasi cara mengemudi yang baik, kemarin. (IDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SAFETY RIDING : Anggota Komunitas mobil di Kota Semarang melakukan simulasi cara mengemudi yang baik, kemarin. (IDA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG–Selama ini banyak masyarakat yang masih kerap melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat penting, namun dianggap sepele. Seperti mengecek tekanan ban, mengecek mesin rutin, menggunakan safety belt, dan lainnya. Meskipun hal kecil, memiliki potensi mengakibatkan kecelakaan.

“Tercatat 73 orang meninggal dunia di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas di sepanjang tahun 2014. Jumlah itu naik dari angka 72 orang di tahun 2013,” kata Sekretaris Umum Avanza Xenia Indonesia Club (Axic), Ahmad Ridwan Yazid, di sela acara Safety Driving Short Course bekerjasama dengan Toyota di Candi View Cafe, kemarin.

Karena itulah, AXIC mengampanyekan pengetahuan berkendara yang cerdas dengan melakukan road show, Safety Driving Short Course di empat kota besar di Indonesia. Dan Kota Semarang menjadi kota ketiga, setelah sebelumnya di Jakarta dan Bandung, serta akan menyusul Surabaya, sebagai kota terakhir. “Kami gencar mengampanyekan empat pilar keselamatan berkendara yakni, anti bahu jalan, seat belt for all, no hazard, dan no texting while driving. Melalui kampanye ini, paling tidak, diri sendiri memperhatikan keselamatan, sukur-sukur ditularkan ke orang-orang terdekat, keluarga, tetangga. Dan akhirnya bisa menjadi gerakan besar,” katanya.

Kepala Cabang Nasmoco Jalan Pemuda Semarang, Djoko Prasongko mengungkapkan bahwa saat ini komunitas AXIC di Jateng-DIJ yang terdaftar sekitar 500 orang. “Mereka selalu terlibat aktif dalam berbagai kegiatan safety driving maupun kegiatan lainnya yang memberikan edukasi dalam mengemudikan kendaraan bermotor,” katanya.

Sementara itu, Nasmoco Group selaku main dealer Toyota untuk wilayah Jateng-DIJ kembali menggelar program spesial Fantastik Parsel Toyota Pesta Rejeki Semarak Lebaran Toyota. Pelanggan Nasmoco berkesempatan mendapatkan ratusan hadiah langsung untuk setiap pembelian Toyota tipe apapun (kecuali Taksi Sedan dan Plat Merah) di seluruh jaringan Nasmoco Group se-Jateng dan DIJ untuk pembelian mobil periode Mei s/d Juli 2015.

“Fantastik Parsel Toyota memberi kesempatan pelanggan untuk mendapatkan hadiah langsung yang pasti dapat seperti sepeda motor, Samsung Galaxy Note4, sepeda lipat, dispenser, home theater, air purifier serta ribuan parsel menarik lainnya,” kata Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto. (ida)