SEMARANG- Sebanyak 10 rumah tak layak huni di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, mendapat bantuan rehab kegiatan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap 1 Tahun 2015. Kegiatan yang dilaksanakan pada 7-27 Mei 2015 ini meliputi pembangunan infrastruktur.

“Kegiatan TMMD di Keluarahan Mangunharjo meliputi sasaran fisik didaerah terpencil meliputi pengaspalan jalan sepanjang 250 meter dengan lebar 3 meter. Selain itu, pembangunan mushola, pos siskampling, pemasangan sarana dan prasarana, tower air bersih, dan pembangunan 10 rumah tak layak huni,” ungkap Komandan Distrik Militer 0733/BS Semarang, Letkol Kav Puji Setiono pada pembukaan TMMD di Sambiroto, Kamis (7/5) kemarin.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan TMMD akan memperkokoh kesatuan persatuan bangsa, serta mempercepat pembangunan. Selain itu diharapkan dapat membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi masyarakat.“Tujuannya adalah untuk membantu percepatan pembangunan di daerah. Selain program fisik juga ada nonfisik berupa pengobatan gratis, pasar murah, pelayanan KB serta penyuluhan tentang terorisme dan bahaya ISIS,” tuturnya.

TMMD tersebut melibatkan lintas sektoral sehingga capain yang dituju banyak dan tetap sasaran. Dandim berharap agar TMMD ini tetap relevan dan menjadi tahapan yang penting dengan melibatkan instansi dan masyarakat.“Harus melibatkan semuanya agar memberikan manfaat yang nyata,” tambahnya.

Sementara, Camat Tembalang, Fravarta Sadman sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan TMMD yang diselenggarakan di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan pembangunan di Keluarahn Mangunharjo. “Kami sangat berterima kasih adanya TMMD. Nantinya kami juga akan melakukan usulan atau program lain terkait wilayah yang belum mendapat program kegiatan ini,” pungkasnya. (mha/zal)