PERSAHABATAN: Tim sepak bola SIWO PWI Jateng (oranye) berfoto bersama tim PLN Jateng sebelum bertanding sore kemarin di Lapangan Arhanudse, Semarang. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
PERSAHABATAN: Tim sepak bola SIWO PWI Jateng (oranye) berfoto bersama tim PLN Jateng sebelum bertanding sore kemarin di Lapangan Arhanudse, Semarang. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tim sepak bola Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng terus menggelar persiapan untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII Tahun 2016 di Jabar. Salah satu bentuk persiapan adalah dengan rutin menggelar laga ujicoba secara intensif.

Hampir setiap pekan tim yang dikoordinir Fredo Kustanto dan Lanang Wibisono ini bertanding ujicoba. Hasilnya, memang tim yang dipunggawai para wartawan dari berbagai media cetak maupun elektronik di Jawa Tengah ini makin solid. “Dari beberapa kali laga persahabatan tersebut diharapkan pelatih setidaknya bisa mulai menemukan tim sepak bola banyangan,” ujar Fredo Kustanto, salah satu wartawan olahraga senior di Semarang.

Ditargetkan, pada akhir tahun ini tim sudah terbentuk dan mulai menjalani latihan intensif. “Kami masih terus mencari komposisi pemain yang pas untuk tiap lini. Dalam beberapa uji coba yang dijalani memang sudah ada gambaran pemain tetapi itu belum final,” ujar Fredo Kustanto usai uji coba melawan tim sepak bola PLN Jateng di Lapangan Bola Arhanudse, Rabu (6/5) sore.

Dalam uji coba itu, SIWO PWI Jateng menyerah 1-4 atas PLN Jateng. Gol PLN dicetak oleh Agus Novianto menit 10, Aning (18), Andi (29), dan Bambang (51). Adapun gol balasan SIWO dicetak Yulianto di menit 24.

Fredo mengaku, uji coba melawan PLN lebih banyak mencoba pemain baru. Dia menyambut baik, banyaknya jurnalis yang uji coba sekaligus seleksi. ”Ini menjadikan kami lebih mudah menyeleksi pemain. Kami mengundang semua wartawan dari media manapun untuk ikut seleksi,” ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, tim pelatih SIWO Jateng saat ini masih kesulitan mencari pemain belakang. Dalam tiga uji coba, sektor belakang masih sangat lemah hingga mudah ditembus lawan. Dia berharap rekan wartawan dari daerah lain untuk mengikuti seleksi dan latihan rutin. Di kepengurusan yang baru ini, kata dia, Jateng ingin lebih berbicara lebih banyak di ajang multicabang khusus wartawan itu. ”Harus diakui, Jateng belum bisa berbuat banyak pada cabang sepak bola. Porwanas mendatang, kami ingin lebih berprestasi minimal target adalah masuk final,” tambahnya.

Ketua SIWO PWI Jateng Sigit Pramono menambahkan, pihaknya akan segera melakukan persiapan tak hanya di cabang sepak bola saja. ”Kami segera berkoordinasi untuk cabang-cabang lainnya,” ujar Sigit. (bas/smu)