Satpol PP Tak Temukan Rokok Tanpa Cukai

91
RAZIA NIHIL : Petugas sedang melakukan razia rokok tanpa cukai di warung-warung warga di wilayah Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. (Munir Abdillah/Jawa Pos Radar Semarang)
RAZIA NIHIL : Petugas sedang melakukan razia rokok tanpa cukai di warung-warung warga di wilayah Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. (Munir Abdillah/Jawa Pos Radar Semarang)

SALATIGA—Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tak menemukan adanya rokok tidak bercukai, cukai ilegal ataupun cukai kadaluarsa. Dalam razian cukai rokok di warung-warung warga di wilayah Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Operasi ini lanjutan razia beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Sidorejo.

Kepala Satpol PP, Aji Kusumo mengatakan bahwa operasi cukai dilakukan di warung-warung warga untuk mendeteksi adanya pelanggaran. Atau peredaran cukai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Yakni, melalui promosi menggunakan mobil-mobil.

“Kami akan terus melakukan operasi pencegahan rokok yang tidak bercukai di Salatiga. Agar peredaran rokok tanpa cukai bisa diminimalisasi. Karena seperti ini akan merugikan negara,” tegasnya.

Ditambahkan, secara keseluruhan dengan tidak adanya temuan, bisa dikatakan bahwa masyarakat Kota Salatiga sudah tertib. Operasi ini juga menjawab kunjungan dari pihak Bea Cukai beberapa waktu lalu tentang pencegahan peredaran cukai ilegal.

Lebih lanjut, kata Aji, operasi cukai dilaksanakan dengan tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Sebab temuan tentang cukai kadaluarsa penindakannya adalah dengan membeli rokok sesuai dengan harga yang tercantum dalam pita cukainya. “khusus untuk rokok tanpa pita cukai akan kami ambil secara keseluruhan. Sedangkan pemiliknya dapat mengambil di kantor Satpol PP untuk mendapatkan binaan lebih lanjut,” pungkas Aji. (abd/ida)