Hari Ini, 500 Lebih Pejabat Dimutasi

106

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, hari ini, Rabu (6/5) akan melakukan rotasi secara besar-besaran. Sekitar 500 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan provinsi akan dimutasi. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilakukan di Merapi Grand Ballroom, kawasan Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP), Semarang.

Lokasi pengucapan sumpah janji jabatan dan pelantikan di PRPP dipilih karena saking banyaknya PNS yang dimutasi. Sebab dengan sekitar 500 PNS yang akan dilantik, gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Gubernuran dipastikan tidak cukup untuk menampung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono saat dikonfrimasi menyatakan bahwa pejabat yang dilantik adalah setingkat eselon III dan IV. “Untuk jumlahnya nggak hafal. Besok saja (hari ini),” ujarnya semalam.

Sebelumnya, Sri menegaskan bahwa mutasi dan promosi di tubuh Pemprov Jateng merupakan upaya penyegaran. Sebab diketahui banyak pejabat yang telah menduduki posisinya selama lima tahun lebih. “Orientasinya tidak lain adalah untuk meningkatkan kinerja di lingkungan Pemprov Jateng,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Biro Humas Setda Jateng Sinoeng NR menambahkan, pelantikan ini merupakan kelanjutan dari rotasi sebelumnya yang dilaksanakan pada 24 April 2015 lalu. Waktu itu sebanyak 198 pejabat eselon III atau administrator dan 1 Kepala Biro Umum (Karo Umum) Pemprov Jateng hasil lelang jabatan dilantik di gedung Gradika Bhakti Praja. “Untuk acara besok dilaksanakan pukul 08.00 pagi. Nanti yang melantik langsung dari Pak Gub (Ganjar Pranowo) sendiri,” terangnya. (fai/ric)