Dana Rp 25 M Siap Digunakan

123

KAJEN-Pemkab Pekalongan memastikan dana untuk Pilkada Desember mendatang sudah siap digunakan. Namun untuk memenuhi anggaran dana Pilkada sebesar Rp 25,8 miliar tersebut, Pemkab menunda sejumlah kegiatan.

Bupati Pekalongan, Amat Antono mengatakan bahwa dirinya sudah menandatangani surat pengesahan anggaran Pilkada 2015. “Saya sudah menandatangani surat mengenai anggaran Pilkada dan sudah saya serahkan kepada DPRD Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya, Selasa (5/5) kemarin.

Dana Rp 25.871.109.000 tersebut, kata Bupati Antono, diambil dengan menggunakan dana mendahului anggaran APBD. “Payung hukumnya ada, mulai dari surat Mendagri dan lainnya saya lupa. Dana itu sudah bisa digunakan,” imbuhnya.

Dipaparkan dia, untuk mendorong kesiapan Pilkada 9 Desember 2015, Pemkab Pekalongan mengencangkan ikat pinggang. Yakni dengan mengoptimalkan pendapatan, penggunaan dana sisa tander/lelang serta menunda pekerjaan yang tidak mempengaruhi palayanan publik.
“Kami dorong terus untuk pelaksanaan Pilkada ini. Pekerjaan yang dihentikan itu seperti pembangunan gedung Dinas Perikanan dan Peternakan, gedung BPBD, dan pembelian alat berat. Intinya yang belum terlaksana. Kalau yang sudah berjalan, ya biar berjalan,” paparnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari bupati. Selanjutnya segera dilakukan pembahasan agar dana bisa segera digunakan. “Rencananya, besok malam (Rabu, 6/5) Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Penyusunan Anggaran Pemerintah daerah (TPAPD) membahas anggaran Pilkada ini,” ujarnya. (hil/ida)