Gencarkan Sosialisasi Budaya Konsumsi Ikan

126
NUTRISI: Sejumlah siswa tengah menikmati kuliner berbahan dasar ikan pada perayaan Hari Gotong Royong di Gunungpati, kemarin. (FOTO: EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
NUTRISI: Sejumlah siswa tengah menikmati kuliner berbahan dasar ikan pada perayaan Hari Gotong Royong di Gunungpati, kemarin. (FOTO: EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

GUNUNGPATI – Pemkot Semarang akan terus menggencarkan sosialisasi budaya makan ikan kepada masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Mengingat kandungan gizi pada ikan sangat tinggi, utamanya ikan laut. Sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan otak.

Sebab itulah Pemerintah Kota Semarang akan melakukan sosialisasi kepada semua sekolah di Kota Semarang. ”Kandungan ikan sangat bagus, apalagi ikan laut. Kandungan proteinnya sangat tinggi. Sehingga bagus sekali untuk siswa, karena mereka masih masa-masa pertumbuhan. Budaya makan ikan akan menjadi sebuah budaya yang terus kita sosialisasikan ke masyarakat,” ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat ditemui usai Hari Gotong Royong di Lapangan Kalisegoro, Kamis (30/4).

Menurut Hendi, sapaan akrab wali kota, masa pertumbuhan anak sekolah yang memasuki golden age (usia emas) ini akan tumbuh berkembang menjadi lebih baik jika memiliki asupan gizi yang baik. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang agar mengimbau kepada semua kepala sekolah supaya menyosialisasikan budaya makan ikan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan pembudayaan mengonsumsi ikan lebih baik dilakukan sejak dini, yaitu sejak seseorang masih duduk di bangku sekolah. ”Sangat bagus kalau anak-anak dibiasakan makan ikan sehingga kebutuhan protein hewani bisa terpenuhi untuk keperluan pertumbuhan anak yang bersangkutan,” ujar Bunyamin. (ewb/zal/ce1)