Imunisasi Cegah Berbagai Penyakit

141

KARANGKIDUL – Anak rentan terkena penyakit seperti batuk, pilek, demam, alergi dikarenakan kondisi kekebalan tubuh pada anak sangat kurang, maka dari itulah anak sangat mudah berpotensi terkena serangan penyakit.

”Itulah sebabnya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh anak agar selalu dalam kondisi prima,” kata dr Patricia Safaryani, Sp A, M Kes dalam seminar kesehatan di Ruang Rapat OPD lantai 4 SMC RS. Telogorejo, kemarin.

Patricia mengungkapkan agar anak selalu tampil prima, pemberian imunisasi dan nutrisi pada anak sangat penting demi meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut Patricia, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di antaranya memperahatikan kalori protein yang cukup, kaya vitamin antioksi dan, menghindari makanan yang mengandung zat pengawet, zat warna, dan penyedap, serta pemberian ASI sejak balita dan lain sebagainya. ”Kalau hal ini dapat dilakukan oleh orang tua khususnya, maka anak tidak mudah terkena serangan berbagai penyakit yang datang seperti virus, bakteri, jamur dan lain sebagainya. Sebab imunisasi dapat bekerja membentengi tubuh dari serangan penyaikit,” jelas Patricia.

Sementara, Oktavia salah satu peserta seminar mengaku memperoleh banyak pengetahuan yang didapat yang sebelumnya tidak mengetahui khususnya dalam menjaga buah hati. ”Saya baru tahu, ternyata pola hidup pemberian nutrisi dan imunisasi secara rutin pada anak sangat penting, guna menjaga anak dari serangan penyakit,” kata Oktavia. (ewb/zal/ce1)