4 Balon PDIP Resmi Mendaftar

107

KAJEN – Dari tujuh orang yang mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP, empat di antaranya resmi terdaftar sebagai bakal calon Bupati Pekalongan pada Pilkada 2015. Empat orang tersebut terdiri dari tiga orang. Dari luar partai dan seorang kader.

Sekjen DPC PDIP Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul mengatakan, empat orang yang telah menyerahkan formulir pendaftaran berasal dari berbagai latar belakang. Dipaparkannya, tiga orang dari luar kader yakni Drs. H Jumianto, MM, seorang pengusaha warga Kecamatan Wonopringgo. Halim Ahmad SPT, MSI, wiraswasta, warga Kecamatan Doro dan Rosul Hakim mantan anggota dewan dari Partai Demokrat periode lalu. “Ada dari kader PDIP itu Ketua DPC sendiri Pak H. Riswadi,” jelasnya.

Berkas para balon tersebut akan diserahkan ke DPD maupun DPP PDIP pekan depan. Setelah itu, kata Rosul, pihaknya menunggu keputusan DPP. Apakah penjaringan bakal calon diperpanjang atau tidak. “Balon yang ditetapkan DPP itu nantinya yang kami usung. Yang menentukan pusat, kami hanya menggelar penjaringan,” imbuhnya.

Disinggung terkait koalisi, Rosul menjelaskan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan seluruh parpol dan belum terjalin koalisi. “Komunikasi sudah kami lakukan ke semua partai. Untuk koalisi yang menentukan juga DPP, termasuk maju sendiri. Kami hanya bersifat memberikan masukan,” ujarnya.

Sebelumnya, dari tubuh PKB, sejumlah nama mulai muncul dalam bursa balon. Antara lain Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan Bisri Romli, anggota Komisi D DPRD Jateng Asip Kholbihi, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman dan Siti Qomariyah mantan Bupai Pekalongan.

Selain itu, meski memiliki tiket untuk mengusung pasangan calon, DPC PKB Kabupaten Pekalongan tetap membuka peluang berkoalisi dengan partai lain. Sejumlah parpol yang sudah menjalin komunikasi yakni PDIP dan Gerindra. (hil/ric)