LESU: Rina Iriani usai menjalani persidangan beberapa waktu lalu. (DOK)
LESU: Rina Iriani usai menjalani persidangan beberapa waktu lalu. (DOK)
LESU: Rina Iriani usai menjalani persidangan beberapa waktu lalu. (DOK)

SEMARANG – Status pembantaran Rina Iriani Sri Ratnaningsih, mantan Bupati Karanganyar, terdakwa kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang proyek perumahan rakyat Griya Lawu Asri (GLA) subsidi dari Kemenpera, sudah dicabut dan dinyatakan kembali menempati sel khusus Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Wanita Semarang, Kamis (23/4).

Kepala LP Wanita, Bulu, Semarang, Suprobowati mengatakan bahwa Rina Iriani sudah kembali ke LP sekitar pukul 20.00, Rabu (22/4) malam. Ia menjelaskan Rina kembali ke LP diantarkan oleh petugas Kejati Jawa Tengah dan didampingi pihak keluarga. ”Secara fisik, kondisi Rina sudah sehat, tapi dia terlihat masih lemas. Sekarang dia sudah berjalan sendiri di dalam LP, dia tidak pakai kursi roda,” kata Suprobowati.

Suprobowati menyebutkan, Rina kembali masuk sel yang ditempatinya yaitu sel khusus tipikor. Hanya saja, lanjut Probo, Rina belum diperbolehkan mengikuti aktivitas di dalam LP seperti biasanya. ”Dia biasanya beraktivitas di salon di dalam LP. Hari ini (Kamis, Red), dia belum kita perbolehkan beraktivitas dulu melihat kondisinya yang masih lemas. Dia masih tidur-tiduran aja di sel. Kalau besok sudah pulih, baru kita perbolehkan ikut beraktivitas lagi,” jelasnya.

Suprobowati menegaskan, di dalam sel tahanan, tidak diperbolehkan membawa obat meskipun tahanan tersebut dalam kondisi sakit. Untuk memantau kesehatan, dokter poliklinik secara rutin melakukan pengecekan kesehatan pada seluruh tahanan. ”Jadi kalau obat-obat Rina, semuanya ditinggal di Poliklinik LP. Di sel dilarang membawa obat. Kalau nanti waktunya Rina minum obat, perawat Poliklinik akan memberikan obatnya. Selain itu, dokter dari LP juga masih kontrol kondisinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Jaksa Kejati Jawa Tengah yang menangani kasus Rina, Slame Widodo mengatakan, setelah menjalani perawatan di RS Telogorejo hampir satu bulan, Rina dinyatakan sehat oleh dokter dan kembali ke LP Wanita, Rabu (22/4) malam. ”Dia (Rina Iriani) sudah dinyatakan sehat. Dia kembali ke LP wanita tadi malam (Rabu kemarin),” kata Slamet Widodo.

Slamet Widodo menjelaskan, atas kembalinya Rina ke sel khusus tipikor di LP Wanita Semarang. ”Maka status pembantaran atas penahanan Rina Iriani yang sebelumnya dikeluarkan Ketua Pengadilan Tipikor, secara resmi dicabut mulai Kamis (23/4/2015) ini,” ujarnya. Seperti diketahui, Rina Iriani kembali sakit dan dirawat di RS Telogorejo sejak 25 Maret bulan lalu. (bj/zal/ce1)