SEMARANG – Pasangan ganda campuran andalan Kota Semarang M Aqshal (PB Bintang Perkasa Semarang)/Nike Raissa (PB Pendowo Semarang) gagal melaju ke babak selanjutnya pada Kejurnas Bulu Tangkis USM Terbuka, yang tengah berlangsung di Gelora USM, Semarang. M Aqshal /Nike ditekuk sasangan A Rahman/Julia K (PB Mutiara Bandung) dengan rubber set 21-19, 17-21, 23-25 Rabu (22/4) k.

Ketua PB Pendowo Hermawan Pamot Raharjo menyayangkan kekalahan tersebut. Pasalnya, pasangan unggulan itu punya kans bagus sampai ke babak semi final. “Mungkin karena faktor kurang beruntung saja Aqshal/Nike harus kalah. Jika lebih tenang sedikit dan bisa mengatur tempo permainan, saya yakin mereka bisa menang,” tuturnya.

Begitu juga dengan pasangan PB Hi Qua Wijaya Semarang Auzan Dika/Bening SR yang kalah WO atas unggulan kedua Axel Raditya/Vania Lystia. Sementara unggulan pertama besutan PB Jaya Raya Jakarta Aji Maulana/Dara Sri unggul atas Vectra Widya/Rezia Dwi dari PB Mutiara Bandung dengan 22-20, 21-14.

Di lapangan lain, unggulan enam Aisha Galuh (PB Djarum Kudus) juga menapakkan kaki ke 16 besar usai menang atas Gina Revina (PB Mutiara Bandung) 21-14, 21-19. Langkah Gina diikuti unggulan 10 A’Isyah Sativa (Pb Djarum Kudus) yang menyingkirkan Salsabila Dewanti (PB Mutiara Bandung) 21-11, 21-10.

Selanjutnya, unggulan empat Rizal Muhammad/Munada Choirunnisa (PB Djarum Kudus) melangkah ke delapan besar usai mengalahkan Ahmad Fauzi/Maria Magdalena (PB Mutiara Bandung) dengan tiga games 18-21, 21-16, 21-9. Di kelompok tunggal pemula putri, unggulan keempat Jesita Putri (PB Exist Jakarta) melangkah ke perdelapan final setelah menaklukkan Salsabila Putri (PB Wiratama Magelang) dengan 21-10, 21-9.

Ketua panitia Andi Kridasusila mengaku terkejut dengan peningkatan kualitas peserta. Dia melihat persaingan sangat ketat di semua kelompok. “Ini menjadi pertanda positif pembinaan bulu tangkis. Semoga saja bisa meningkatkan persaingan hingga level dewasa nanti,” tandasnya. (amh/smu)