SEMARANG – Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada tahun ini telah dimulai. Hal ini menyusul telah disahkannya 3 dari 10 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) menjadi keputusan. Hanya saja, dari 21 daerah di Jawa Tengah yang bakal melaksanakan pilkada, satu di antaranya belum dapat memulai tahapan tersebut. Yaitu Kabupaten Pekalongan.

”Hal ini dikarenakan anggarannya belum ada, sehingga belum berani melaksanakannya. Meski begitu, hari ini (kemarin) mereka telah diundang oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) untuk melakukan koordinasi,” ungkap Ketua KPU Jateng Joko Purnomo. Dia mengaku KPU masih menunggu hasil koordinasi tersebut.

Dijelaskan Joko, tiga PKPU yang dimaksud adalah tahapan, badan penyelenggara ad hoc dan pemutakhiran data pemilih. Ketiga PKPU tersebut kemudian diterjemahkan menjadi keputusan untuk masing-masing kabupaten/kota. Sehingga menjadi panduan teknis dalam pelaksanaannya.

”Sementara sisanya (7 PKPU) masih dilakukan konsultasi dengan DPR RI dalam waktu tiga hari ke depan,” imbuhnya.
Joko menambahkan, untuk jumlah daftar pemilih baru akan diketahui pada akhir Mei. Sebab, akan dibentuk terlebih dahulu Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) yang rencananya dilaksanakan pada 18-25 Mei mendatang. ”Setelah terbentuk nanti akan dilakukan bimbingan teknis lagi,” terangnya mengaku telah menggelar bimbingan teknis sebelumnya pada akhir pekan lalu.

Disinggung terkait data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) yang telah diserahkan Kemendagri kepada KPU RI beberapa waktu lalu, Joko mengaku belum menerima untuk tingkat provinsi. Ia memperkirakan akan diberikan pada pelaksanaan bimbingan teknis tingkat regional mendatang. ”Saat ini masih kami koordinasikan,” jelasnya.

Joko berharap DAK2 tersebut dapat segera turun secepatnya. Sebab hal itu menjadi dasar penentuan persentase syarat dukungan calon independen atau perseorangan. ”Dengan demikian, calon yang akan maju melalui jalur perseorangan atau independen dapat lebih awal mempersiapkan diri,” pungkasnya. (fai/ric/ce1)