SEMARANG – Tim basket Sahabat A keluar sebagai yang terbaik pada Kompetisi Basket Senior Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Semarang 2015. Pada final yang berlangsung di GOR Sahabat, kemarin, Muhammad Isman ‘Thoyib’ dkk mengalahkan Putra Yamaha (Puma) A dengan 83-54. Sementara tempat ketiga diraih Kumala Jaya. Reinard yang menjadi bintang lapangan di final dengan sumbangan poin terbanyak yakni 21 poin.

Ketua Umum Perbasi Semarang Nelwan Hendarto mengatakan, kompetisi ini dimaksudkan memberi wadah kepada pemain senior agar tetap eksis. Meski dari mereka tidak lagi aktif menjadi pemain dan telah melatih tim-tim sekolah. ”Kami berpandangan, pembinaan tidak memandang usia meski kompetisi ini lebih menekankan kebersamaan dan sliaturahmi. Meski unsur prestasi tetap ada di ajang ini,” tutur Nelwan usai final kemarin.

Diharapkan, skill dan teknik pemain senior tetap terjaga meski tak aktif sebagai pemain. Di sisi lain, bisa menambah menyegarkan kembali teknik mereka. Pesatih Puma A Eko Widodo mengakui kekalahan timnya itu. Lawan disebutnya mempunyai kebersamaan dalam bermain kompak dari timnya. Sebab, hampir setiap hari mereka berlatih sedangkan timnya hanya dua kali dalam sepekan. ”Kami tetap puas dengan permainan tim. Pemain bersemangat dan bisa memberi perlawanan kepada Sahabat,” tuturnya.

Jalannya pertandingan kedua tim berlangsung ketat di awal. Meski diunggulkan, tidak mudah bagi Sahabat A menembus pertahanan Bagus dkk. Kendati demikian, Muhammad Isman dkk mampu unggul di kuarter pertama dengan 22-14. Pada kuarter kedua, Puma A tampil lebih agresif dan mampu mempertipis angka.

Paruh kedua masih milik tim, besutan Govrido Indrawan dengan 39-32. Memasuki paruh kedua, Sahabat A kembali memegang kendali permainan dan akhirnya memangi pertandingan dengan 83-54. ”Kami bersyukur dengan kemenangan ini. Pemain sangat kompak,” tutur Pelatih Sahabat A Govrido Indrawan. (bas/smu)