SEMARANG – DPRD Jateng mengapresiasi langkah pemprov dalam rencana pembangunan objek wisata Jateng Park di Kabupaten Semarang. Meski begitu, dewan meminta agar pemprov mempersiapkan investor untuk melakukan pembangunan tersebut. Sebab, pembangunannya membutuhkan dana hingga Rp 2 triliun.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Achsin Ma’ruf mengatakan, pembangunan Jateng Park sudah ditunggu masyarakat. Sebab, masyarakat Jateng belum memiliki wahana wisata seperti Jatim ataupun Jabar. ”Ini merupakan progres yang bagus, jika pemprov sudah melakukan desain kawasan wisata tersebut,” katanya.

Politisi PAN ini menambahkan, yang harus dilakukan adalah bagaimana pendanaan pembangunan Jateng Park. Sebab, dana yang dibutuhkan senilai Rp 2 triliun cukup besar. Sedangkan sejauh ini, belum ada investor yang menyatakan kesiapan untuk membangun Jateng Park. ”Masalah pendanaan ini serius dan utama. Apakah nanti akan diserahkan ke investor atau dibangun sendiri melalui BUMD,” imbuhnya.

Dia mengapresiasi langkah pemprov yang sudah membuat rancangan pembangunan. Ia berharap, realisasi pembangunan fisik benar-benar dilakukan pada 2016. Tidak harus bersamaan, pembangunan bisa dilakukan secara bertahap. ”Mungkin bisa dibangun dulu akses untuk masuknya bagaimana. Objek wisata ini sudah ditunggu masyarakat Jateng,” tambahnya.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Riyono mengatakan, Pemprov Jateng harus benar-benar memprioritaskan pembangunan Jateng Park. Ia menilai, jika benar itu bisa menjadi ruh wisata baru yang potensial di Jawa Tengah. ”Tapi masalah utamanya kan belum ada investor. Ini harus dipikirkan. Bagaimana dibangun, jika belum ada kejelasan anggaran yang digunakan,” katanya.

Politisi PKS ini menambahkan, Pemprov Jateng selama ini masih kurang kreatif untuk meningkatkan potensi pariwisata di provinsi ini. Ia mencontohkan, banyak potensi besar yang masih belum digarap maksimal. Tidak mengherankan, jika kemudian Jateng kalah bersaing dengan Jawa Timur atau Jawa Barat. ”Jateng banyak potensi wisata, tinggal bagaimana dilakukan kreativitas untuk meningkatkan wisata di Jateng,” tambahnya. (fth/ric/ce1)