KENDAL—Hingga hari terakhir pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati (bacabup dan bacawabup) yang diusung PKS, ada 9 figur yang mendaftar. Empat diantaranya mendafat bacabup dan sisanya mendaftar bacawabup.

Empat bacabup yang masuk ke PKS yakni Mirna Annisa (PAW Anggota DPRD Jateng Fraksi Gerindra), Wiratno (Dandim 0715 Kendal), Mustamsikin (Wakil Bupati Kendal) dan Agus Surono (akademisi).

Sedangkan lima bacawabup yang telah mendaftar melalui PKS yaitu Muhamad Arkham, Hariyono dan Rubiyanto. Ketiganya anggota DPRD Fraksi Kendal PKS. Sedangkan dua lainnya Rusmono Budi Nuryawan (Kader Partai Gerindra), Rahmad Dakwah (aktivis LSM Kendal).

Ketua DPD PKS Kendal, Sulistyo Aribowo mengatakan, setelah pendaftaran ini, akan dilakukan seleksi hingga mengerucut satu pasang cabup dan cawabup. Cabup dan cawabup PKS nantinya akan diadu kembali dengan calon dari partai lain. Hal itu mengingat di Kendal yang dapat mengusung calon sendiri hanyalah PDIP saja. Sedangkan PKS maupun parpol lain harus berkoalisi. “Nantinya calon-calon yang sudah ditetapkan akan kami umumkan melalui media massa. Selain itu secara resmi PKS akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada para bakal calon yang sudah muncul, tokoh masarakat dan ormas NU dan Muhammadiyah,” tuturnya.

Tujuannya agar setiap calon yang masuk tidak hanya dinilai oleh parpol saja, tapi tokoh masyarakat dan ormas Islam besar yang ada di Kendal. “Sehingga calon yang kami usung nantinya bisa benar-benar mewakili seluruh masyarakat Kendal dan melakukan perubahan di Kendal ke arah yang lebih baik,” ujar Ketua TOMDA PKS Kendal itu.

Mengenai mekanisme penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati 2015-2020, setelah melalui mekanime pendaftaran, akan dilanjutkan pengembalian berkas calon. “Pengembalian dijadwalkan mulai tanggal 20 April-1 Mei 2015” jelasnya.

Setelah melakukan pengembalian berkas, dilanjutkan dengan fit and proper test para calon. “baru nantinya digulirkan bersama di Koalisi Kendal Beribadat (KKB),” tandasnya. Berkaitan dengan mekanisme di KKB, pihaknya mengaku akan menyinergikan mekanisme yang ada di KKB. “Tentu saja hal ini untuk menjaga iklim kesolidan di KKB. Selain itu dengan sinerginya mekanisme penjaringan PKS dengan KKB merupakan bukti komitmen PKS dalam wadah KKB,” ujar Humas PKS Kendal, Arif Hidayat. (bud/zal)