SEMARANG – DPW PKS Jateng menargetkan bisa memenangkan empat kepala daerah dalam pilkada di 21 daerah Jateng. Target itu tidak muluk-muluk, mengingat ada sembilan kader PKS yang saat ini duduk di pimpinan DPRD setempat.

Meski begitu, PKS sejauh ini tetap berkoalisi dengan parpol lain, mengingat PkS sendiri tidak mungkin bisa mencalonkan sendiri. ”Kami menargetkan bisa menang di tiga atau empat daerah dalam pilkada Desember mendatang,” kata Ketua Desk Pilkada DPW PKS Jateng, Hadi Santoso, kemarin.

Ia menambahkan, saat ini PKS terus menjalin komunikasi dengan parpol lain di daerah. Target empat kepala daerah muncul, karena saat ini ada sembilan kader PKS yang duduk dalam pimpinan DPRD. ”Target utama tetap di daerah yang kami miliki kader duduk di kursi pimpinan. Kami sedang melakukan penjaringan untuk memilih siapa calon yang bakal maju,” imbuhnya.

Saat ini, PKS baru memiliki dua kader yang duduk di kursi pemerintahan. Yakni di Salatiga dan Karanganyar. Padahal target Muswil, PKS minimal harus memiliki empat kader untuk menjadi kepala daerah di Jateng. Jadi pilkada 2015, menjadi ajang pembuktian kekuatan PKS untuk menempatkan kadernya menjadi kepala daerah. ”Kami akan all out untuk pilkada tahun ini. Meski nanti tetap kami akan koalisi dengan parpol lain,” tambahnya.

PKS juga terus melakukan penjaringan kader yang nantinya bakal diusung dalam pilkada mendatang. Pihaknya selama ini terus menjalin dengan sejumlah parpol lain. Langkah itu dilakukan sebagai upaya agar PKS bisa mencalonkan kader menjadi kepala daerah.

Meski begitu, pihaknya tetap mendukung calon yang diusung oleh parpol lain dalam pilkada mendatang. ”Komunikasi di bawah terus kami jalin. Kami tetap mendukung jika ada calon dari internal yang maju dalam pilkada,” tambahnya. (fth/ce1)