Klaim Dukungan Dua Ormas

99

KENDAL—Koalisi Kendal Beribadat (KKB) mengkalim mendapat dukungan dari dua organisasi masyarakat (Ormas) besar di Kabupaten Kendal. Dengan dukungan dua ormas besar di Kendal, KKB optimis bisa memenangkan Pilkada Kendal 2015 Desember mendatang.

Koordinator KKB, Sakdullah mengatakan, jika KKB yang beranggotakan delapan partai politik (parpol) itu semakin solid dan kuat koalisinya. “Dua ormas besar di Kendal siap mendukung KKB dan memberikan dukungan penuh untuk memenangkan pasangan calon bupati-wakil bupati yang diusung koalisi KKB nantinya,” katanya, Rabu (15/4).

Ia menambahkan, koalisi KKB diusung atas pondasi yang sama dinatara delapan petinggi parpol di Kendal. Yakni ingin memiliki pemimpin Kendal yang baru yang bisa mewujudkan mimpi masyarakat Kendal. Baik dalam hal pembangunan maupun perubahan birokrasi pemerintahan.

Sebab, KKB merasa selama lima tahun terakhir tidak ada perubahan kemajuan berarti di Kendal. Justru Kendal tertinggal dengan daerah-daerah lain di Jateng. “Cenderung menurun, sehingga masyarakat tidak dapat merasakan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah,” tambah Ketua DPD PAN Kabupaten Kendal itu.

Namun perihal dua ormas besar tersebut, Sakdullah masih enggan membebernya. Sebab, menurutnya belum etis untuk disebutkan karena ormas bukan merupakan parpol, dan tidak secara langsung terjun dalam persoalan politik. “Ya, ormas memang tidak berpolitik. Tapi mereka merupakan elemen bangsa yang memiliki hak suara dalam Pilkada. KKB yakin memang karena dalam Pilkada yang akan dipilih masyarakat bukan partai, melainkan sosok pemimpin yang tepat untuk Kendal,” tambahnya.

Sejauh ini, KKB masih melakukan penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati lewat masing-masing parpol. Bakal calon yang lolos di masing-masing parpol akan diseleksi kembali di tingkat koalisi. “Secara prosedur, parpol memiliki mekanisme masing-masing. Untuk itu, silakan melakukan penjaringan sendiri-sendiri. Tapi nanti hasilnya akan tetap dirapatkan kembali di tingkat koalisi,” tambahnya.

Ketua DPD PKS Kabupaten Kendal, Sulistyo Aribowo menyampaikan bahwa delapan parpol yang tergabung dalam KKB sampai saat ini masih solid. Yakni PKS, PKB, PPP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Paratai Demokrat, Parati Hanura dan PAN. “Sampai saat ini masih setia pada tujuan yakni melahirkan pemimpin baru yang memang berpikir dan bekerja untuk Kendal lebih baik ke depan. Masih delapan parpol, utuh,” katanya.

Koalisi ini berdiri, karena delapan parpol memiliki kesamaan visi misi dalam Pilbup Kendal 2015. Selain itu di Kendal, parpol yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon hanya PDIP saja. yakni yang meraih 20 persen suara atau perwakilan di DPRD Kendal. Sedangkan parpol lain harus berkoalisi. “Karena delapan parpol ini punya visi misi yang sama, maka bersatu. Intinya, Kendal harus berubah menjadi lebih baik. Semua elemen, baik ekonomi, budaya, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Tak kalah penting birokrasi pemerintahan, harus diperbaiki,” tambahnya. (bud/fth)