Dukung Gerakan Daur Ulang Sampah

157

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terus menekankan agar masyarakat membudayakan hidup bersih dari sampah. Selain itu juga mendorong masyarakat untuk berinovasi dalam pengolahan sampah. Daur ulang sampah menjadi barang bermanfaat sangat adalah salah satu cara untuk mengurangi polusi sampah di lingkungan sekitar.

Hal tersebut diungkapkan wali kota saat menghadiri kegiatan ber-title ”Gerakan Peduli Kota Semarang” atau disingkat Gempita, yang diselenggarakan Gereja Bethel Indonesia Gajah, di Jalan Gajah Mada No 79-86 Semarang, Rabu (15/4). Kegiatan diselenggarakan dalam memperingati hari ulang tahun Gereja Bethel Indonesia ke-26.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi Wali kota Semarang Hendrar Prihadi. ”Saya senang karena melalui kegiatan ini menunjukkan banyak pihak yang peduli terhadap Kota Semarang. Hal ini seiring juga dengan tema HUT Kota Semarang ke-468 yaitu Bergerak Bersama Membangun Kota,” ujarnya.

Dalam rangka melakukan gerakan peduli Kota Semarang, lanjut wali kota, banyak hal yang bisa kita sumbangkan untuk menjaga dan merawat kota. ”Kota Semarang adalah kota yang begitu peduli terhadap penataan lingkungan. Sampah sangat berharga. Untuk itu, Pemerintah Kota Semarang selalu menekankan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya,” tambahnya.

Menurutnya dengan peran aktif masyarakat yang mampu mereduksi dan mendaur ulang sampah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat, maka volume sampah akan menurun. Dalam hal ini, kesadaran masyarakat akan hidup bersih dan sehat, serta mampu mereduksi sampah sendiri sangat diharapkan dilakukan. ”Oleh karenanya, dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh warga Semarang khususnya jemaat Gereja Bethel Indonesia agar selalu termotivasi juga untuk membudidayakan gerakan gemar menanam pohon,” katanya. ”Untuk memajukan Kota Semarang tidak bisa hanya dilakukan pemkot saja. Melainkan seluruh elemen dan stakeholder dapat merapatkan barisan saling sengkuyung demi kemajuan kota,” pungkasnya.

Usai memberi sambutan, wali kota memberikan secara simbolis bantuan berupa sembako kepada perwakilan warga serta telekonferens dengan pendeta di GBI lokasi lain. Acara ini juga diramaikan dengan bazar UMKM dan sembako murah. (zal/ce1)