Lestarikan Batik lewat Pameran

86

PANDANSARI — Batik adalah warisan budaya Indonesia yang harus dirawat dan dilestarikan. Salah satu upaya yang dilakukan para perajin batik yakni dengan menggelar pameran. Melalui kegiatan tersebut diyakini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik.

Sebanyak 9 perajin batik berkelas mikro dari berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti Lasem, Sragen, Klaten, Pati, dan Kudus, Selasa kemarin menggelar pameran di Pasar Raya Sri Ratu, dengan mengambil tema ”Aku Cinta Batik Indonesia”. Dalam kegiatan tersebut memamerkan ratusan corak batik tulis dan batik cap. ”Memang untuk pameran ini banyak diikuti oleh luar Semarang maupun dari Semarang,” terang Promotion Head Office Sri Ratu Pemuda Semarang Winda.

Pameran yang berlangsung selama satu minggu ini selain diisi dengan pameran juga dengan talkshow dan workshop membatik baik tulis maupun cap. ”Sehingga masyarakat bisa mengetahui secara langsung bagaimana pembuatannya,” katanya.

Sementara itu salah seorang pengunjung, Rosita, 25, mengaku dengan adanya pameran ini tentunya sangat bagus dan bisa mengetahui keindahan dan keragaman batik yang ada di Jateng. ”Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri-sendiri,” katanya. (hid/zal/ce1)