Konslet, Pasar Ganefo Ludes Terbakar

108
LUDES : Puing-puing bekas kebakaran lima kios di Pasar Ganefo Mranggen. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LUDES : Puing-puing bekas kebakaran lima kios di Pasar Ganefo Mranggen. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LUDES : Puing-puing bekas kebakaran lima kios di Pasar Ganefo Mranggen. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Pasar Ganefo Mranggen di wilayah Desa Kembangarum, Kecamatan Mranggen ludes terbakar, kemarin. Dugaan kuat penyebab kebakaran akibat konsleting listrik. Akibatnya lima kios ludes terbakar di pasar tradisional yang terletak di pinggiran rel kereta api (KA) dan bersebelahan dengan jalan raya Semarang-Purwodadi tersebut.

Kios atau rumah toko (ruko) yang terbakar yakni milik Solekan, 40, Ribut, 43, Nuri, 39, Suadi, 41, dan Air, 39. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tapi kerugian material diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Danramil Mranggen, Kapten Utomo mengatakan, insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 16.45. Seorang pemilik kios, Ribut melihat percikan api dari arah atap rumah belakang. Setelah itu, Ribut berteriak minta tolong warga terkait adanya kebakaran tersebut. Tak lama kemudian, api terus membesar dan menyebar ke seluruh kios pasar tersebut.

Kobaran api terus membubung tinggi akibat hembusan angin yang kencang. Karena itu, untuk menanggulangi kebakaran ini, beberapa mobil pemadam kebakaran didatangkan dari wilayah Kecamatan Karangawen dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Demak. Tak hanya itu, masyarakat sekitar dibantu aparat TNI dari Koramil 12 Mranggen dan Polsek Mranggen bersama-sama berupaya memadamkan api yang membakar beberapa kios tersebut. “Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit kemudian,” kata Kapten Utomo.

Ia menambahkan, arus lalulintas Mranggen-Karangawen sempat macet beberapa menit. “Untuk identifikasi penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan Polsek Mranggen,”katanya.

Kepala BPBD Demak, Anjar Gunadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Hanya saja, akibat kebakaran kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. Sebab, lima ruko di pasar semuanya ludes terbakar dan hanya terisisa puing-puing saja. “Masih belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Kemungkinan besar akibat konsleting arus listrik,” katanya. (hib/fth)