KEDUNGMUNDU – Meningkatnya akreditasi sebuah jurusan di Perguruan Tinggi harus dapat menumbuhkan kesadaran dan motivasi bagi peningkatan mutu berkelanjutan. Hal itu dikatakan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Djamaluddin Darwis usai menyerahkan penghargaan atas perolehan hasil akreditasi Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kepada Program Studi Teknik Elektro.

Prodi tersebut memperoleh akreditasi A. Selain itu prodi lain yang memperoleh akreditasi A yaitu Program Studi D3 Keperawatan serta Prodi D3 Kebidanan dengan akreditasi B. ”Unimus dengan slogannya A university to the excellence membutuhkan kekuatan yang dibentuk bersama oleh semua civitas akademika di tingkat program studi dan fakultas. Seperti halnya kekuatan yang dibentuk oleh genggaman jari tangan ketika bersatu,” katanya, kemarin.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Musman Tholib yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, kekuatan tersebut perlu didasari semangat ber-Muhammadiyah yang tecermin dengan meyakini, memahami, mengamalkan dan memperjuangkan nilai-nilai keislaman dan ke-Muhammadiyahan. ”Salah satu bentuk perjuangan yang dapat dilakukan adalah dengan mencapai akreditasi sesuai yang diharapkan. Dengan tambahan 3 Program Studi yang telah mencapai akreditasi ini maka menambah jumlah 8 Program Studi yang telah terakreditasi di Unimus sehingga Unimus Insya Allah akan segera dapat mengajukan akreditasi institusi,” katanya. (ewb/zal/ce1)