Berebut Rekomendasi dari PAN

139
Mirna Annisa. (IST)
Mirna Annisa. (IST)
Mirna Annisa. (IST)

KENDAL – Persaingan untuk mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati dari partai PAN dalam pilkada Kendal 2015 semakin panas. Sejumlah parpol mulai berlomba-lomba mencari calon yang bakal diusung dalam pilkada mendatang. berlambang matahari itu memiliki kekuatan besar untuk meloloskan cabup.

Setidaknya dua tokoh politik yang mendaftar dan mengambil formulir dalam pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati (bacabup dan bacawabup) yang digelar DPD PAN Kendal. Dua tokoh politik tersebut yakni Mirna Annisa, dari Partai Gerindra Jateng dan Muhlisin pengurus DPD PAN Kendal.

Mirna mendaftar sebagai bacabup mewakili Partai Gerindra sedangkan Muhlisin mendaftar sebagai bacawabup. Mirna saat ini tercatat sebagai PAW DPRD Jateng dari Partai Gerindra menggantikan Agus Priyadi yang telah meninggal dunia.

Sementara Muhlisin selain pengurus DPD PAN Kendal tercatat pernah menjabat sebagai Kades Randusari, Kecamatan Rowosari. Muhlisin pernah mendaftar sebagai calon legislatif dari di DPRD Jateng dalam pemilu lalu. “Mirna mengambil formulir melalui utusannya pagi sekira pukul 09.00 WIB. Sedangkan Muhlisin mengambil formulir sekira pukul 14.00,” kata Wakil Ketua DPD PAN Kendal, Sutono Gimsoe.

Meskipun Mirna berlatar belakang Partai Gerindra, tapi tidak menjadi masalah di PAN. Sebab pendaftaran bacabup dan bacawabup yang digelar di DPD PAN terbuka untuk siapa saja dan semua golongan. “Kami terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftar baik bacabup maupun bacawabup. Meskipun pendaftarnya dari parpol lain. Justru semakin banyak calon, maka masyarakat akan semakin banyak pilihan,” imbuhnya.

Mirna saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkannya. “Pendaftaran ini bukan atas inisiatif saya atau Partai Gerindra, tapi keluarga besar saya yang menghendaki saya ikut dalam pendaftaran bacabup dan bacawabup,” katanya.

Sejauh ini, partainya belum menentukan sikap atau memberikan rekomendasi tentang siapa nanti yang bakal maju sebagai Cabup di Pilkada Kendal 2015. Ia sendiri secara pribadi karena terikat dalam Partai Gerindra tetap akan tetap arahan dan rekomendasi dari partai.

Selain itu, menurutnya PAN merupakan pucuk pimpinan dari partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Kendal Beribadat. Makanya pendaftarannya merupakan salah satu syarat bagi dirinya agar nantinya partainya bisa menyatukan visi misi di KKB. “Jika saya maju, tetap nantinya akan melalui Partai Gerindra,” tambahnya.

Sejauh ini tokoh masyarakat dan parpol yang sudah mendaftar diri melalui PAN berjumlah enam orang. Yakni Dandim 0715, Letkol Kav Wiratno, Wakil Bupati Kendal Muhammad Mustamsikin dan Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Jateng, Mastur Darori. Sedangkan tiga lainnya, Rahmad Dakwah, PAW DPRD Jateng dari DPD Partai Gerindra, Mirna Annisa dan Pengurus DPD PAN Kendal, Muhlisin. (bud)