Tanggul Sungai Jleper Ambles

164

DEMAK – Tanggul Sungai Wulan di Dukuh Ngemplak, Desa Jleper, Kecamatan Mijen diketahui longsor dan ambles. Panjang longsoran mencapai 15 meter, lebar 4 meter dan kedalaman 1,5 meter.

Danramil Mijen, Kapten Arm Sukartijo mengatakan, selain longsor tanggul tersebut juga mengalami ambles dengan panjang 25 meter, lebar 1,5 meter dan kedalaman 1,7 meter. “Kondisinya rusak,” katanya, kemarin.

Untuk mengatasi masalah tersebut, aparat TNI bersama warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahu membahu bekerja bakti untuk meninggikan tanggul tersebut. Peninggian tanggul dilakukan dengan cara menumpuk karung berisi tanah diatas tanggul yang longsor dan ambles. “Ada 1.500 dan 2.500 karung dari BPBD khusus untuk meninggikan tanggul,” imbuhnya.

Warga berharap, peninggian tanggul bisa menjadi salah satu cara agar tidak terjadi bencana banjir di wilayah Jleper tersebut. Sebab, jika tanggul itu dibiarkan jelas pasti akan menyebabkan banjir di kawasan penduduk. Sebab tidak ada tanggul yang bisa menghalang laju air. “Kami berharap dengan begini, banjir tidak melanda di perumahan warga,” tambahnya. (hib/fth)