Kualitas SDM Ditingkatkan

164

KENDAL – Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti meminta seluruh SKPD di Dinas Pendidikan dan seluruh element masyarakat untuk serius dalam memajukan pendidikan di Kendal. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM sehingga bisa berkompetisi untuk membangun daerah.

Widya mengatakan, pemerintahannya sudah menjadikan pendidikan sebagai program prioritas pada pembangunan khusus. Di mana instusi sekolah sebagai tempat belajar siswa menjadi tempat sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, berbudi luhur, cerdas, terampil serta sehat jasmani dan rohani.

“Dengan pendidikan yang berkualitas, maka akan menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang handal sehingga dapat dipergunakan untuk membangun daerahnya. Jadi sekolah tidak hanya sebagai tempat untuk memenuhi wajib belajar 12 tahun saja,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan startegis dalam pembangunan bangsa. Makanya, tidak hanya pemerintah yang berperan, tapi seluruh LSM dan tokoh masyarkat dan elemen masyarkaat. “Pemerintah sudah mewajibkan pendidikan dasar 12 tahun, saya berharap kedepan di Kendal bisa ditingkatkan menjadi wajib belajar 14 tahun atau minimal lulus DII, melalui program sekolah Akademi Komunitas yang akan segera dirintis dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

Bupati Widya berharap, kepada para guru hendaknya terus berupaya meningkatkan kualitas SDM dan profesionalitas. Untuk itu, ditutut agar selalu mengembangkan potensi diri, bekerja keras, meningkatkan kinerja dan etos kerja serta profesionalisme agar kualitas pendidikan dapat tercapai.

Selain itu, guru harus dapat menunjukkan kepada pemerintah dan masyarakat untuk membuktikan kinerja dan prestasinya dalam penyiapan generasi yang berkualitas. “Jangan sampai muncul anggapan di masyarakat jika tunjanan sertifikasi yang diberikan guru, tidak memiliki dampak apapun bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono menyampaikan jika dirinya telah memulai dengan Gerakan Kendal Cerdas. Dengan gerakan tersebut, ia berharap masyarakat sadar akan pentingnya pendidikan bagi pengembangan kualitas pendidikan. “Selain itu kami juga selalu rutin memberikan motivasi kepada siswa, salah satunya dengan Bupati Mengajar, Pemberian motivasi oleh SKPD dan Muspida di Kendal setiap upacara sekolah, dan Motivasi Raeni Goes to School,” katanya. (bud/fth)