LAMPER TENGAH – DPC PKB Kota Semarang memberikan sinyal pinangan koalisi tiga parpol, yakni PKS, Golkar dan Demokrat. Saat ini, PKB masih menunggu hasil rekomendasi dari DPP. Sebelumnya, PKB disebut-sebut bakal merapat ke PDIP bersama Partai Nasdem dalam Pilwalkot Desember mendatang.

Ketua DPC PKB Kota Semarang, Teguh Widodo, mengakui telah melakukan pembahasan dengan berbagai tokoh dan sesepuh PKB terkait pinangan koalisi tiga parpol; PKS, Gokar dan Demokrat. Saat ini, kata dia, hasil pembahasan tersebut juga telah dikirimkan ke DPP per 7 April 2015 kemarin.

”Surat laporan itu sudah saya kirimkan ke DPP, Selasa (7/4) hari ini (kemarin). Kami perkirakan seminggu ke depan ini, hasil rekomendasi itu sudah turun. Memang dari DPC sendiri penginnya bergabung dengan PKS. Ya, mudah-mudahan hasil rekomendasi dari DPP juga seperti yang kita inginkan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (7/4).

Diakui, sesuai pilihan politik DPP, saat PKB bergabung di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang salah satunya terdapat parpol PDIP. Hanya saja, dalam Pilwalkot Semarang, pihaknya akan lebih memilih bergabung dengan koalisi PKS, Golkar dan Demokrat.

”Memang itu (Koalisi Indonesia Hebat) kalau dari pusat. Tapi untuk di-DPC-kan aturan ini tidak kaku. DPC juga melihat kondisi di lapangan, dan sudah kita koordinasikan dengan ranting maupun tingkat DPC,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini belum melakukan penjaringan bakal calon baik dari internal partai maupun dari luar PKB. Namun demikian, Teguh mengaku siap jika nantinya akan ditunjuk maju menjadi bakal calon wali kota maupun wakil wali kota. ”Kalau saya ditunjuk dan mendapat rekomendasi dari DPP, saya akan menjalankan perintah itu. Sebagai kader sendiri, saya juga harus siap,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPC PKS Kota Semarang, Agung Budi Margono, mengaku sangat respek dan senang jika PKB bergabung dengan PKS, Golkar dan Demokrat. Menurutnya, dalam tubuh parpol PKB terdapat figur dan sosok penting.

”Dalam tubuh PKB kan banyak kiai, ulama, tokoh-tokoh maupun sesepuh yang bisa menjadikan masukan atau input dalam pilwalkot nantinya. Memang kami juga terbuka terhadap parpol lain juga apabila ingin bergabung dengan kami,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, pihaknya juga belum melakukan penjaringan bakal calon. Saat ini, PKB fokus dalam melakukan road show ke parpol-parpol lain. Berikutnya, kata dia, PKB juga akan berkunjung ke PPP.

”PAN, Gerindra sudah, PKB dan PDIP juga sudah. Nantinya kami akan bersilaturahmi dengan PPP. Memang kami akan melakukan road show dulu untuk mencari pertimbangan dan masukan. Setelah itu kita akan melakukan penjaringan,” pungkasnya. (mha/aro/ce1)