Wahyudin Noor Aly. (Jawa pos Radar semarang files)
Wahyudin Noor Aly. (Jawa pos Radar semarang files)
Wahyudin Noor Aly. (Jawa pos Radar semarang files)

SEMARANG – Desk Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jateng siap melakukan roadshow ke 21 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada akhir tahun ini. Roadshow tersebut dilakukan untuk memetakan kekuatan sekaligus sosialisasi tahapan yang harus dilalui.

Ketua Desk Pilkada DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly mengatakan roadshow akan dilakukan 9-11 April nanti. Desk Pilkada akan dibagi menjadi 3 tim yang berkeliling ke 21 daerah. Hal tersebut sesuai perintah Ketua Umum PAN yang baru, Zulkifli Hasan. “Ada 21 daerah yang harus dimatangkan. Sebab pesan Ketua Umum, PAN jangan hanya menjadi penikmat di pilkada, tapi harus memberikan manfaat,” ujar pria yang akrab disapa Goyud ini.

Anggota Komisi C DPRD Jateng ini menambahkan roadshow dilakukan untuk melihat kesiapan kabupaten/kota menghadapi pilkada. Sebab di kepemimpinan PAN saat ini, tanggung jawab pilkada diserahkan ke pengurus daerah yang dianggap lebih tahu kondisi perpolitikan setempat. “Kalau dulu “palu” nya ada di pusat, sekarang cenderung diserahkan ke daerah. Kami tidak hanya ingin menang, tapi juga bermanfaat,” tuturnya.

Goyud menandaskan DPW PAN Jateng tidak ingin main-main dalam mempersiapkan pilkada. Karena itu pihaknya ingin melihat koordinasi, dan kesiapan daerah. Terlebih dengan jumlah kursi yang dimiliki, PAN harus berkoalisi dengan partai lain di seluruh pilkada serentak yang digelar tahun ini. “Kami belum bicara target karena harus berkoalisi. Namun yang terpenting, partai harus menjadi filter untuk mendapatkan calon kepala daerah yang bagus,” paparnya.

Anggota Desk Pilkada DPW PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma menambahkan penentuan calon kepala daerah menjadi kewenangan DPD PAN setempat. Namun DPW memiliki kewenangan untuk mendampingi. (ric)