SEMARANG – Tim basket putra/putri SMP/SMA Kota Semarang mengantongi tiket Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng. Tim SMP putri menekuk Grobogan 45-13 pada final Pra Popda di GOR Wujil, Ungaran, beberapa waktu lalu. Sementara tim putra menaklukkan Kendal dengan skor ketat 49-43.

Di kelompok SMA, tim putri Kota Semarang berhasil melaju ke Popda setelah menang atas Grobogan dengan skor 58-15. Sedangkan putra mengalahkan Kota Salatiga dengan 39-29.

Pertandingan seru tersaji antara tim putra SMP Semarang versus Kendal. Kedua tim harus melalui babak over time untuk lolos ke Popda Jateng setelah bermain sama kuat 39-39 di empat kuarter. Sempat tertinggal di tiga kuarter, akhirnya tim besutan Arif Djazuli mampu memenangi pertandingan.

Ofisial tim basket SMP/SMA Kota Semarang Eko Prasetyo mengatakan, keberhasilan lolosnya tim putra/putri baik SMP maupun SMP membuka peluang menyandingkan gelar di dua kelompok tersebut. “Anak-anak bermain sangat bagus. Persaingan di babak pra Popda lebih ketat di banding sebelumnya ini harus menjadi perhatian dari kami,” tutur Eko.

Semarang tidak lagi bisa mendominasi jalannya permainan karena tiap daerah mempersiapkan diri dengan baik. Pihaknya segera berkoordinasi dengan Disospora Kota Semarang untuk melakukan persiapan.

Yang pertama dipersiapkan adalah tim putra/putri SMP yang akan berlaga di Popda SMP Jateng pada 18-22 Mei mendatang. Adapun untuk kelompok SMA, Popda akan digelar pada 3-7 Agustus yang akan datang. Menurutnya, persiangan di ajang tahunan itu akan semakin ketat. Namun dia optimistis Kota Lunpia mengulang sukses tahun lalu. (amh/smu)